Pj Walikota Pekanbaru Desak Kontraktor IPAL Segera Perbaiki Jalan Rusak

Pj Walikota Pekanbaru Desak Kontraktor IPAL Segera Perbaiki Jalan Rusak

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meminta kontraktor pekerjaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) segera memperbaiki ruas jalan yang rusak dampak dari galian. Ruas jalan ini menyebar di Kecamatan Sukajadi dan Senapelan. 

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun mengakui pemerintah kota telah beberapa kali memanggil kontraktor pelaksana IPAL. Pemerintah kota mempertanyakan kenapa pekerjaan yang dilakukan belum kunjung tuntas. 

"Setau saya itu kontrak tahun 2019 dan selesai 2021. Kemudian pemeliharaan nya satu tahun," ujar Muflihun, Kamis (28/7/2022). 

Ia tak menampik banyak dari masyarakat yang merasa terganggu, dan kesal akibat pekerjaan IPAL belum kunjung tuntas. Secara pribadi diakui Muflihun ia juga kesal karena pekerjaan yang dilakukan kontraktor terlalu lama. 

"Karena IPAL ini sudah mengganggu tingkat keselamatan orang. Banyak yang melapor mereka jatuh dan sebagainya," terang Muflihun. 

Ada kendala yang dialami kontraktor saat dalam pekerjaan. Pandemi Covid-19 dinilai jadi salah satu kendala pekerjaan terlambat. Kemudian saat kontraktor melakukan galian penanaman pipa, berbenturan dengan pipa milik PDAM. 

Sejumlah pipa PDAM alami kebocoran akibat galian yang berbenturan. Mereka juga harus memperbaiki dan membuat galian baru dan waktu pekerjaan semakin panjang. 

Muflihun menekankan kepada kontraktor untuk segera menutup lobang dan memperbaiki jalan rusak akibat galian IPAL. Setidaknya mereka mengangsur menutup jalan yang berlubang. 

"Saya minta segera diselesaikan. Jangan sampai ada korban jiwa hanya karena IPAL ini," tegasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index