Joni Irwan Ingin Permainan Rakyat Digelar dalam Kemeriahan HUT ke-65 Riau

Joni Irwan Ingin Permainan Rakyat Digelar dalam Kemeriahan HUT ke-65 Riau
Asisten III Setdaprov Riau Joni Irwan. (Istimewa)

Riauaktual.com - Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tinggal beberapa pekan. Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) nantinya akan digelar berbagai kegiatan, seperti kegaitan keagamaan, olahraga, seni dan budaya, serta kegiatan lainnya. 

Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan dalam sempena HUT ke-65 Provinsi Riau menginginkan permainan tradisional rakyat Bumi Melayu Lancang Kuning juga digelar. 

Itu disampaikan Joni Irwan usai melakukan rapat lanjutan persiapan peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tahun 2022 di Auditorium Gedung Menara Lancang Kuning, Kamis (7/7/2022) kemarin.

Adapun jenis permainan rakyat Riau seperti bakiak atau terompa panjang, congkak, kaki angau, gasing, gatrik, kelereng, layang-layang, stakak, tarik tambang, dan bermain yeye atau lompat tali. 

Joni Irwan menilai permainan tradisional rakyat Riau ini semakin lama semakin terlupakan karena dikalahkan oleh kecanggihan teknologi. 

"Permainan tradisional masyarakat perlu juga dimasukkan dalam daftar kegiatan peringatan HUT ke-65 Riau, karena permainan ini pada masa sekarang sudah dilupakan karena digantikan gadget," jelasnya. 

Menurutnya, jika permainan tradisional rakyat Riau juga digelar dalam kemeriahan Hari Jadi Riau, akan memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Tanah Melayu, mengingat permainan ini sangat sulit ditemukan dikota. 

"Tentu ini akan memberikan kesan tersendiri yang mulai terlupakan pada permainan tradisional pada masanya," tutup Joni. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index