Miliki 25.000 Keping BLUe, Kendaraan Uji KIR di UPT PKB Dishub Pekanbaru Alami Peningkatan

Miliki 25.000 Keping BLUe, Kendaraan Uji KIR di UPT PKB Dishub Pekanbaru Alami Peningkatan
Pengujian kendaraan di UPT PKB Dishub Pekanbaru

Riauaktual.com - Saat ini UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Pekanbaru memiliki stok kartu Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) sebanyak 25.000 keping. Pasokan kartu ini baru dikirim dari kementrian pada pekan kemarin. 

Kondisi ini membuat kendaraan yang melakukan pengujian di UPT PKB Dishub Pekanbaru alami peningkatan. Antrian kendaraan terjadi di UPT PKB KIR, Senin (4/7/2022). Petugas dari Dishub juga mengatur lalulintas agar tidak menimbulkan kemacetan. 

"Buku KIR baru datang dari kementerian. Jadi mereka secara serentak untuk uji kendaraan. Otomatis ada terjadi peningkatan, ada kemacetan yang ditimbulkan," ujar Kepala UPT PKB Dishub Pekanbaru, Zulfahmi. 

Menurutnya, sempat terjadi kekosongan buku KIR dalam beberapa bulan terakhir. Selama itu buku KIR digantikan dengan surat keterangan pembayaran retribusi. Namun, kendaraan belum bisa dilakukan uji kendaraan. 

Untuk kuota maksimal, pihaknya melayani 120 hingga 150 kendaraan perharinya. Jika melebihi jumlah itu, pihaknya meminta pemilik kendaraan untuk datang keesokannya. 

"Saat ini ada 25.000 keping BLUe yang tersedia. Baru datang hari Kamis semalam," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index