Antisipasi Penyebaran PMK, 200 Hewan Ternak di Pekanbaru Jalani Vaksinasi

Antisipasi Penyebaran PMK, 200 Hewan Ternak di Pekanbaru Jalani Vaksinasi
ilustrasi net

Riauaktual.com - Guna antisipasi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak. 

Tim dari Distankan Kota Pekanbaru sudah melakukan vaksinasi terhadap ratusan hewan ternak pada pekan kemarin. Pasalnya penyakit PMK pada hewan ternak menjadi perhatian jelang momen Idul Adha 1443 H.

Apalagi BNPB sudah menetapkan status darurat PMK seiring banyak hewan kurban terjangkit virus tersebut di beberapa daerah.

"Jadi yang kita vaksin hewan yang sehat seperti untuk budidaya atau pembibitan," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Peternakan, Herlandria, Senin (4/7/2022)

Menurutnya, tim di lapangan hanya melakukan suntik vaksin terhadap hewan ternak sehat. Sedangkan untuk hewan untuk kurban tidak vaksin PMK.

"Jadi kita memberi suntikan vaksin guna mencegah penyebaran virus PMK, jangan sampai menjangkiti hewan ternak yang dalam budidaya," terangnya. 

Dirinya mengklaim, jumlah dosis vaksin PMK yang diberikan Pemerintah Provinsi Riau memang masih terbatas. Mereka hanya bisa menyuntikkan vaksin ke 200 ekor hewan ternak.

"Kita sudah laksanakan vaksinasi PMK, hanya saja terbatas cuma 200 dosis," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index