Pendataan Rampung, Nasib 8.900 THL Tergantung Pusat

Pendataan Rampung, Nasib 8.900 THL Tergantung Pusat
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil. (Istimewa)

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) telah rampung melakukan pendataan Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Jumlahnya mencapai ribuan yang menempati berbagai bidang di OPD yang ada di Pemko Pekanbaru. Pendataan dilakukan guna menindaklanjuti peraturan pemerintah pusat terkait penghapusan THL di lingkungan pemerintah daerah pada tahun 2023. 

"Semua THL kita yang ada di OPD jumlahnya mencapai 8.900 an. Itu semuanya," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, Rabu (29/6).

Menurutnya, jumlah ini termasuk tenaga ahli yang digabungkan dengan THL juga. Kemudian juga ada supir, pramusaji, cleaning service (CS) termasuk satpol PP, Damkar, Dishub, penyapu jalan, operasional dan perawatan (OP) di PUPR dan Perkim dan termasuk guru yang masuk juga di kategori THL.

"Paling banyak itu tentu di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Jumlahnya mencapai sekitar 1.600 semuanya," terang Jamil. 

Dikatakan Jamil, terkait bagaimana nasib para THL ini, Jamil menyebut pihaknya saat ini memang masih mendata saja dan ini akan menjadi acuan jika seandainya pemerintah pusat meminta data ini, maka Pemko tinggal memberikannya.

"Umpamanya berapa jumlah THL, nah kita  sodorkan. Ini lho data semuanya. Dan inikan rata-rata di semua bidang pelayanan baik di bidang layanan penyapuan jalan, layanan di perkantoran, layanan pada informasi kemasyarakatan dan lainnya," jelasnya. 

Jamil mengaku, pihaknya saat ini hanya memang baru sebatas pendataan jumlah pegawai yang bukan ASN saja. Namun pemerintah kota tetap mengikuti aturan dari pemerintah pusat terkait nasib THL kedepannya. 

"Manatau ada langkah-langkah selanjutnya dari pemerintah pusat nanti, kita sudah siapkan. Supaya kita tidak repot nanti," pungkasnya.

Berita Lainnya

View All