THL Dihapuskan 2023, Sekdako: OPD Tertentu Masih Membutuhkan

THL Dihapuskan 2023, Sekdako: OPD Tertentu Masih Membutuhkan
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Muhammad Jamil. (Istimewa)

Riauaktual.com - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Muhammad Jamil, memperkirakan ada sekitar 5.000 orang Tenaga Harian Lepas (THL) yang saat ini bertugas di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. 

Mereka menempati posisi di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemko Pekanbaru. Saat ini pun tengah dilakukan pendataan guna mengetahui jumlah pasti mereka, dalam tindaklanjut rencana pemerintah pusat menghapus THL pada 2023 mendatang. 

Jamil mengaku, dalam Surat Edaran (SE) Kemenpan-RB disebutkan untuk THL yang berada di pemerintah daerah dihapuskan, dan digantikan melalui sistem outsourcing atau pihak ketiga. 

"Iya kita mengikuti aturan pusat, cuma mekanisme seperti apa kita lihat," ujar Jamil, Senin (20/6/2022). 

Dirinya berharap, jika memang THL ini dihapus maka kuota untuk pengangkatan ASN juga dibuka lebih besar. Ia mengaku untuk saat ini ada sekitar 8.000 ASN Pemko Pekanbaru. 

Dari jumlah itu, ASN di bidang pendidikan saja sudah 3.000 lebih. Sementara untuk THL yang ada di Pemko Pekanbaru, Jamil memperkirakan ada sekitar 5.000 orang. 

"Ada di OPD tertentu, masih membutuhkan tenaga harian lepas. Seperti di DLHK, untuk penyapu jalan kita masih kurang," pungkasnya. 

Berita Lainnya

View All