Wagubri Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter II Riau

Wagubri Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter II Riau
Wagubri Edy Natar saat melakukan pelepasan Jemaah Calon Haji Provinsi (JCH) Riau. Dok. Kominfo Riau

Riauaktual.com - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution melepas keberangkatan 450 Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) Ke II Provinsi Riau yang tergabung dalam Kloter 05 BTH, di Aula Keberangkatan Embarkasi Haji Antara (EHA), Ahad (19/6).

Mengawali sambutannya, Wagubri Edy Natar mengatakan ibadah Haji merupakan gambaran miniatur di Padang Mahsyar yang mana seluruh umat manusia berhadapan dengan sang Khaliqnya. 
 
“Kurang lebih 40 hari semua umat berkumpul di tanah suci untuk menunaikan rukun haji yang kelima, maka gunakanlah waktu itu untuk memperbanyak ibadah seperti berzikir berdoa bersedekah dan tawakal,” katanya.
 
“Semua itu dilaksanakan bertujuan agar meraih ridho dan rahmat dari Allah SWT, sehingga bisa menjadi Haji yang mabrur,” lanjutnya.
 
Ia menjelaskan, bahwa untuk menyukseskan ibadah haji ini tentunya tidak semata-mata tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetapi butuh partisipasi dari para jemaah untuk itu semangat ibadah haji perlu diteruskan kedalam kehidupan sehari-hari. 
 
“Keberhasilan penyelenggaraan Haji ini tentu tidak hanya tanggung jawab dari pemerintah saja melainkan juga tergantung pada partisipasi saudara-saudara sekalian,” jelasnya.
 
Sebelum mengakhiri, Wakil Gubernur ini berpesan untuk para Jemaah Calon Haji untuk tetap menjaga kesehatannya dan jika telah merasa sakit silahkan melapor kepetugas yang sudah tersedia.
 
“Saya berharap kita bisa melaksanakan ibadah ini dengan ilmu yang baik dan fisik yang baik, karena yang tau tentang kesehatan ini kembali ke diri bapak ibu sendiri, sampaikan jika sudah merasa sakit kepada petugas yang sudah kami tunjuk,” himbaunya.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin melaporkan bahwa yang akan berangkat JCH dengan total 450 orang, diantaranya asal  Kabupaten Indragiri Hulu berjumlah 101 orang, Kampar 336 orang, Pekanbaru 7 orang dan Petugas Kloter 6 orang. 
 
“Perlu kami sampaikan kepada 450 orang jemaah Haji, nantinya setelah sampai di kota Makkah akan ditempatkan di sektor 2 dengan nomor maktab 27, adapun hotelnya yaitu Rawabi Mina dan Sultan Hotel,” terangnya.
 
Lebih lanjut, JCH Kloter 05 BTH/Kloter 2 Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau akan diberangkatkan terlebih menuju Batam. Kemudian baru menuju Jeddah menggunakan Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5061.

Ia menerangkan, bahwa tahun ini Provinsi Riau mempunyai jemaah Haji termuda yaitu Silva Nurkhadizah April usia 19 tahun asal Indragiri Hulu dan jemaah tertua berusia 64 tahun atas nama Muhammad Amin Usman dan Syamsir Dio, keduanya berasal dari Kabupaten Kampar.
 
Sebagai informasi, jemaah Haji diperkirakan kembali ke tanah air menggunakan penerbangan Saudi Arabian AirLines dengan nomor penerbangan SV 5086 pada tanggal 31 Juli 2022 jam 16:00 WIB (sampai di Batam) dan selanjutnya akan diterbangkan ke Pekanbaru dengan tiga kali penerbangan.
 
“Karena suhu di Kota Makkah saat ini dilaporkan 44 derajat Celcius, maka dengan itu kami harap bapak ibu banyak meminum air putih dan selalu menjaga kesehatan,” tutupnya.

Berita Lainnya

View All