Ilmuwan Deteksi Sinyal Sangat Aneh Datang dari Luar Angkasa

Ilmuwan Deteksi Sinyal Sangat Aneh Datang dari Luar Angkasa
Gambar menakjubkan luar angkasa. ©2015 NASA

Riauaktual.com - Para ilmuwan menemukan rentetan radio atau sinyal baru datang dari luar angkasa. Sinyal ini datang dari lokasi yang ganjil atau aneh dan tak terduga.

Sinyal ini merupakan jenis kedua yang diketahui dan memunculkan pertanyaan baru tentang apa sebenarnya sinyal tersebut dan bagaimana bisa dimanfaatkan untuk memahami alam semesta.

Menurut para ilmuwan, objek temuan baru ini mengirimkan frekuensi, ledakan energi berulang. Ini terlihat miirp dengan ledakan gelombang atau radio cepat pertama (FRB) yang lokasinya ditemukan, namun temuan baru ini berbeda dari banyak hal sama yang pernah ditemukan.

Dikutip dari The Independent, Senin (13/6), FBR sangat intens, ledakan energi sangat cepat yang datang kepada kita dari kedalaman luar angkasa. FBR pertama kali terdeteksi pada 2007 dan para ilmuwan menemukan puluhan sejak saat itu.

Para peneliti berusaha memahami darimana datangnya sinyal ini, walapun sumbernya masih menjadi misteri. Para peneliti memperkirakan objek itu berasal dari lubang hitam sampai teknologi alien, walaupun penjelasan yang paling mungkin adalah magnetar atau sejenis bintang neutron.

Penelitian terbaru juga menyatakan ada berbagai jenis FBR dan yang temuan terbaru ini semakin memperkuat argumen tersebut. Para peneliti mempertanyakan apakah objek yang mengulang sinyal mereka dengan cara ini bisa jadi sangat berbeda dari lainnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index