Keterbatasan Anggaran, Tak Semua Jalan Rusak di Pekanbaru Dilakukan Overlay

Keterbatasan Anggaran, Tak Semua Jalan Rusak di Pekanbaru Dilakukan Overlay
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun melakukan tinjauan lapangan

Riauaktual.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru alami keterbatasan anggaran. Akibatnya, tidak semua jalan rusak dapat dilakukan overlay (dilapis ulang). 

Salah satu contohnya adalah Jalan Parit Indah atau Jalan Datuk Setia Maharaja. Dua ruas jalan ini belum dilakukan sejak tiga tahun. Pasalnya, anggaran untuk perawatan jalan secara berkala itu tidak ada. 

"Kami punya uang untuk pemeliharaan jalan sekitar Rp15 miliar. Itu hanya pemeliharaan rutin. Itu sudah termasuk gaji pasukan kuning," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (3/6/2022). 

Menurutnya, ideal untuk pemeliharaan jalan dilakukan secara berkala. Dinas PUPR tak ada anggaran untuk pemeliharaan berkala.

"Kami tak bisa melakukan melapis ulang di jalan berlubang. Menurut aturannya, jika jalan sudah berlubang 40 persen, maka harus dilapis ulang," terang Indra Pomi. 

Namun, Dinas PUPR belum bisa melakukan pelapisan ulang jalan. Makanya, Dinas PUPR masih melakukan tambal sulam jalan hingga kini. 

"Seperti Jalan Parit Indah itu, mestinya dilapis ulang sejak tiga tahun lalu. Tapi, kami tak punya kemampuan anggaran," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index