Pj Walikota Pekanbaru Bakal Bentuk Tim Evaluasi BUMD

Pj Walikota Pekanbaru Bakal Bentuk Tim Evaluasi BUMD

Riauaktual.com - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun bakal membentuk tim guna melakukan evaluasi terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dalam kondisi sakit. 

Muflihun mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah melakukan evaluasi internal. Mereka melakukan evaluasi terhadap seluruh intenal dan OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru. 

"Kami juga punya niat untuk evaluasi seluruh BUMD. Tapi yang khusus sekarang evaluasi intenal OPD kita, nanti ada saatnya di BUMD kita evaluasi," ujar Muflihun, Kamis (2/6/2022). 

Ia tak menampik sejumlah BUMD Pekanbaru dalam kondisi tidak stabil. Perusahaan ini banyak mendapat suntikan dana bersumber dari APBD Pekanbaru. 

"Iya, saya paham itu. Kita benahi lah sedikit demi sedikit. Tapi kita tentu tidak bisa memutuskan sendiri, kita buat tim (evaluasi) nanti. Yang jelas kita evaluasi dulu," ulasnya. 

Sebelum evaluasi, Muflihun mengaku akan melihat dulu data pada perusahaan tersebut sejauh mana tidak maksimalnya kinerja dan pendapatan BUMD. 

Sebelumnya, BUMD Pekanbaru mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Pasalnya, beberapa BUMD milik Pemko Pekanbaru memiliki kinerja rendah dan bahkan selalu merugi.

BUMD ini seolah menjadi beban pemerintah kota akibat selalu disuntik dana segar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sejumlah pihak meminta pemerintah kota untuk melakukan evaluasi dan audit terhadap BUMD yang selalu merugi tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index