Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker, Bagaimana untuk Jemaah Haji Indonesia?

Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker, Bagaimana untuk Jemaah Haji Indonesia?
Menag Buka Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi. ©2022 Dok: Kemenag

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan masyarakat Indonesia melepas masker saat beraktivitas di ruangan terbuka. Kebijakan tersebut seiring semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Kementerian Agama (Kemenag) belum ingin menyikapi lebih jauh kebijakan tersebut di tengah persiapan keberangkatan jemaah haji 1443 Hijriah. Kemenag memilih menunggu protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintahan Arab Saudi.

"Nanti kita lihat protokol yang akan diberlakukan seperti apa, relaksasi yang sudah diterapkan di sana seperti apa," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, di sela kegiatan bimbingan teknis petugas penyelenggara ibadah haji 1443 Hijriah di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa (17/5).

Hilman menambahkan, informasi diterima jemaah umrah banyak yang telah melepaskan masker. Bahkan, tidak ada lagi jaga jarak antar jemaah. Namun demikian, masih ada beberapa protokol kesehatan yang diperlukan Saudi. Termasuk syarat vaksin lengkap untuk jemaah.

"Tapi masalah boleh atau tidaknya lepas masker nanti akan ada peraturan yang dikeluarkan."

"Nanti akan ada protokol-protokol ibadah," tegas Hilman sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

JOKOWI Izinkan Masyarakat Tak Pakai Masker di Ruang Terbuka

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut kebijakan wajib masker kepada seluruh masyarakat di Indonesia di ruang terbuka. Jokowi mengungkapkan, kebijakan ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan Covid di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya sampaikan bahwa pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Jokowi saat jumpa pers daring, Selasa (17/5).

Jokowi menjelaskan, kebijakan melepas masker hanya boleh dilakukan jika masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang.

"Boleh tidak memakai masker (saat masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang)," kata Jokowi. 

Berita Lainnya

View All