Pekanbaru Luncurkan e- Surat

Pekanbaru Luncurkan e- Surat
Walikota Pekanbaru Firdaus MT

PEKANBARU (RA)- Pemerintah Kota Pekanbaru meluncurkan Elektronik Surat (e-elektronik)  dalam proses surat menyurat yang masuk ke Kantor Walikota Pekanbaru.

Peluncuran ini juga di pertegas dengan di terbitkannya Peraturan Walikota (Perwako) no 116 tahun 2014 tentang kebijakan pelayanan Elektronik Surat.

"Tujuannya memangkas birokrasi. Ini era transpormasi pelayanan Pekanbaru dari manual ke teknologi," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus, di Pekanbaru, Senin (1/12).

Dia menjelaskan dengan adanya perubahan ini maka diharapkan pelayanan bisa lebih baik dan maksimal. Karena sistem pengarsipan bisa lebih rapi dan cepat di proses. Selain juga tranparansi akan tercipta.

Untuk itu dia menghimbau, pelayanan kedepan di Pekanbaru khususnya dalam surat menyurat yang masuk ke Kantor Walikota bisa lebih baik.

"Jadi pegawai juga harus terampil dan mampu menggunakan teknologi agar bisa mengimbangi pelayanan," tutur wako.

Sementara Kepala Bagian Umum, Pekanbaru, Muhammad Jamil, mengakui dengan di luncurkannya sistem elektronik surat ini, maka proses penyusunan dan pemilahan surat menyurat yang masuk ke Kantor Walikota bisa dilakukan dengan cepat dan langsung di masukkan ke dalam komputer untuk segera di teruskan ke alamat masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dituju.

Kemudian setelah di teruskan, terang dia masing-masing pejabat yang dituju akan melihat kiriman lewat online dan mendisposisikan sesuai kebijakan.

"Masyarakat bisa melihat hasil jawaban surat dalam satu jam saja lewat situs e- suratpekanbaru.com. ," terangnya.

Kembali dikatakannya, Jawaban surat yang masuk ke Kantor Walikota setelah di disposisi nantinya bisa langsung di ambil oleh mereka yang mengirim.

Ini mempersingkat proses yang dilalui selama ini, selain juga memudahkan masyarakat yang membutuhkan jawaban surat yang di tujukan ke Pemko Pekanbaru bisa melihatnya tanpa harus mendatangi kantor berulang-ulang.

 

Laporan : ver

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index