Tanggul di Rumbai Jebol Ribuan Rumah Terendam

Tanggul di Rumbai Jebol Ribuan Rumah Terendam
Tampak banjir merendam kawasan perumahan warga rumbai

PEKANBARU (RA)- Tanggul yang dibangun oleh pihak perusahaan Chevron empat tahun silam yang terletak di dekat sekolah Al Ittihad Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru,  jebol, akibat tidak mampu menahan debit air hujan, yang sepanjang selasa malam kemarin mengguyur kota Pekanbaru. Akibatnya hingga Rabu (26/11) ribuan rumah diwilayah sekitar habis terendam air.

"Tanggul mendadak jebol kemarin malam. Saat ini banyak rumah masyarakat terendam, kalau dihitung berapa jumlah rumahnya mungkin ribuan, mencapai angka 4000," terang Camat Rumbai Pesisir, Nurhasminsyah, ketika dikonfirmasi.

Kembali dikatakan camat, ketinggian air hingga pagi Rabu telah mencapai lutut orang dewasa. Kebanyakan rumah warga yang terendam air berada di Kelurahan Limbungan Baru.

"Kita takutkan hujan kembali mengguyur, ini bisa memperparah situasi. Untuk saat ini kita belum memerintahkan warga untuk mengungsi, hanya saja kita minta warga selamatkan benda-benda berharga," terangnya
 
Selain rumah warga kata dia lagi, fasilitas yang ikut terendam adalah jalan, Kantor Lurah Limbungan Baru, yang menyebabkan aktifitas pelayanan lumpuh total.

Pejabat pelaksana Manager PGPA CPI Rumbai, Mering, ketika dihubungi mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi terkait jebolnya tanggul. Tindakan yang akan di lakukan berupa pertolongan emergensi, dengan memasok material untuk menutup tanggul yang jebol.

"Untuk sementara kita akan upayakan hari ini luapan air dari mulut tanggul berhenti, minimal mengecil. Kita sudah turunkan tim pekerja guna mengatasi jebolnya tanggul" ujarnya singkat.

 

Laporan : ver

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index