Sondia: Warga Sakai Harus Utamakan Pendidikan

Sondia: Warga Sakai Harus Utamakan Pendidikan
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman SH memberi cindra mata kepada salah satu mahasiswa yang berasal dari suku sakai

PEKANBARU (RA)- Dalam era modernisasi saat ini, pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi generasi muda. Tidak memandang suku, ras dan agama. Hal itu lah yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman SH, kepada 55 mahasiswa yang merupakan produk Riau asli, yakni Suku Sakai, kemarin malam di asrama pelajar mahasiswa suku Sakai di Jalan Karya Panam, Pekanbaru.

Dalam memberikan motivasi terkait pendidikan tersebut, Sondia yang menjadi narasumber dalam acara tersebut menitik beratkan, bahwa sudah saatnya masyarakat Suku Sakai memperoleh pendidikan yang layak, seperti kalangan lainnya.

Sehingga ke depannya, masyarakat Sakai bisa bersaing di era globalisasi nanti, terutama bersaing dengan masyarakat yang sudah terjamah dengan arus modernisasi.

"Sudah saatnya anak-anak suku Sakai bisa lebih jauh berkiprah dalam pembangunan masyarakat di Riau. Suku Sakai adalah suku asli penduduk Riau, sudah saatnya anak-anak suku Sakai itu bisa lebih jauh mengabdi di tanah leluhur mereka yang kaya ini, mereka harus utamakan pendidikan sekarang," sebut Sondia yang diiringi tepuk tangan hadirin.

Disebutkannya, masyarakat Sakai harus bisa membuktikan kepada para orangtua mereka, dan anak-anak suku Sakai lainnya, yang masih berada di pedalaman, untuk segera menuntut ilmu. Dan ini juga merupakan tanggung jawab pemerintah, agar bisa lebih banyak lagi memberi perhatian kepada anak anak suku Sakai, yang kini sedang dan akan menuntut ilmu.

‎Baik di propinsi riau maupun di daerah lainnya. "Saya minta agar mereka juga mengajak teman-temannya yang masih berada di pedalaman hutan, untuk menuntut ilmu. Kita harapkan ini juga harus mendapat perhatian pemerintah.‎ Karna suku Sakai adalah suku asli kita, Riau. Di tanah leluhur mereka ini lah sumber kekayaan alam Riau, yang harus mereka manfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat Riau, khususnya Suku Sakai," tutur Sondia yang juga politisi PAN ini.

Dalam pertemuan tersebut, mahasiswa senang dan menyambut baik saran dan dukungan dari anggota DPRD Pekanbaru Sondia warman tersebut.

Berita Lainnya

View All