Gelar Pelatihan Wasit dan Pelatih, Ini Penjelasan Ketua ABTI Riau

Gelar Pelatihan Wasit dan Pelatih, Ini Penjelasan Ketua ABTI Riau

Riauaktual com - Meningkatkan sumber daya wasit dan pelatih, Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Provinsi Riau menggelar pelatihan untuk wasit dan pelatih 18-19 Maret 2022.

Ruang Auditorium Lantai 4 Gedung  Rektorat Universitas Islam Riau menjadi saksi pelatihan pertama bagi dunia kepelatihan dan wasit bola tangan di Provinsi Riau 

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini dibuka oleh Ketua Umum ABTI Riau David Dailami.Tampak hadir Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL serta salahsatu pengurus  KONI Provinsi Riau yang diwakili oleh DR. Zainur

" Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Riau menyelenggarakan pelatihan bagi Pelatih dan Wasit sebagai langkah  untuk peningkatan Sumber Daya Manusia agar berlisensi sehingga peran serta kinerja mereka di lapangan diakui," kata Ketua ABTI Riau David Dailami, Jumat (18/3/2022).

David Dailami mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia khususnya pihak Universitas yang telah melaksanakan acara ini dengan sangat maksimal. Untuk diketahui bersama kepengurusan ABTI Riau baru berumur satu tahun. Dimana dalam dalam kepengurusan banyak dibantu oleh dosen serta mahasiswa dari FKIP Penjas UIR. 

"Pelatihan ini salahsatu nya adalah sebagai peningkatan mutu pada sumber daya pelatih dan wasit yang kelak akan bisa mencetak atlet-atlet bola tangan yang handal dan berdaya saing” ujar David Dailami

Senada Ketua Pelaksana DR Ahmad Yani MPd menyampaikan ucapan terimakasih kepada UIR yang telah menyediakan  sarana dan prasarana untuk suksesnya acara ini.

Dalam laporannya, ia menuturkan berdasarkan  peninjauan yang dilaksanakan oleh PB ABTI bahwa Provinsi Riau  dengan fasilitas UIR  yang ada saat ini,  sangat layak menjadi  tuan rumah Kejurnas Junior Bola Tangan. 

"Melihat fasilitas untuk permainan ini , UIR sudah layak karena berstandar nasional,” ungkap Ahmad Yani

Ahmad Yani juga menjelaskan pelatihan bagi wasit dan pelatih ini akan mendapatkan lisensi sebagai bukti  menyatakan sah dan bisa secara resmi memimpin jalannya pertandingan.Dan bagi pelatih bisa  menelurkan atlet-atlet yang berprestasi dan berdaya saing.


Dalam pada itu Rektor Prof Dr Syafrinaldi SH MCL menyampaikan UIR selalu memberikan perhatian bukan hanya pada akademik saja tetapi juga non akademik. Diantara semua kampus yang ada di Riau, UIR menjadi tempat yang mempunyai banyak venue olahraga baik yang berstandar nasional maupun internasional. 

"Kita harapkan dengan adanya pelatihan ini akan melahirkan wasit serta pelatih yang professional sehingga bisa mencetak atlet-atlet yang berkompeten dan bisa bersaing secara nasional dan internasional,” tutur Prof Syafrinaldi

Untuk diketahui, Bola Tangan atau biasa juga disebut Handball adalah salah satu olahraga yang mengandalkan kemahiran tangan dan kelincahan gerak dalam permainannya. Hampir sama dengan sepak bola.

Namun dalam permainan, bola tangan hanya membutuhkan 6-7 pemain setim. Dimana satu pemain merupakan penjaga gawang. Cara bermainnya hampir sama dengan sepakbola.Jika sepakbola menggunakan kaki, maka bola tangan menggunakan tangan untuk mengoper atau memindahkan bola dengan tangan dari satu pemain kelainnya dengan tujun mencetak gol di gawang lawan. Durasi permainan bola tangan  dua babak yang pada masing-masing babaknya berdurasi 30 menit.

Berita Lainnya

View All