Antisipasi Tindak Kejahatan

Pemko Pekanbaru akan Pasang Kamera CCTV

Pemko Pekanbaru akan Pasang Kamera CCTV
ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ditahun 2015 akan menganggarkan program pemasangan CCTV untuk setiap ruas jalan yang ada di Pekanbaru. Pasalnya, tidak adanya CCTV di setiap jalan membuat tindak kejahatan merajalela di Kota Pekanbaru.

Kondisi keamanan di Pekanbaru juga sudah mulai berkurang seiring semakin pesatnya pertumbuhan penduduk dan perekonomian di Pekanbaru. Untuk itu, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT berjanji akan segera mengaktifkan CCTV di ruas jalan untuk mengantisipasi tindak kejahatan.

"Pemasangan CCTV memang sangat diperlukan. Selain untuk mengantisipasi, nantinya CCTV juga bisa membantu pihak kepolisian menindak pelaku kejahatan yang sering terjadi di Pekanbaru," kata Firdaus.

Disebutkan Wako, untuk mewujudkan program smart city (Kota Pintar) dan juga ciber city, pemasangan CCTV wajib dilakukan oleh Pemko Pekanbaru. Namun, selain pemasangan CCTV, dari tingkat kelurahan juga diminta mengaktifkan kembali Siskamling.

"Selain CCTV nya yang diaktifkan, saya juga menghimbau pengamanan dari tingkat kelurahan juga diaktifkan kembali. Pemko bersama pihak Polresta Pekanbaru juga sudah mengetahui titik mana saja yang menjadi rawan tindakan kriminal ini," terang Wako.

Saat disinggung mengenai sudah pernah adanya anggaran CCTV di Pemko Pekanbaru, Wako dengan tegas membenarkan, namun untuk saat ini masih mencari arsip yang nantinya akan dikaji ulang. "Beberapa tahun yang lalu katanya pernah ada, tetapi sistemnya sudah berbeda kemudian usianya sudah tua akibatnya tidak terawat,"singkat Wako.
 
Dikatakan Wako lagi, untuk kembali mengaktifkan CCTV, Pemko Pekanbaru akan mengesa lebih cepat jaringan Fiber Optik (FO) di tahun 2015 mendatang. "Kita akan fungsikan terlebih dahulu jaringan FO, baru kita akan integrasikan dengan kamera CCTV nya," tutup Wako.

 

Laporan : romg

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index