Pasien RSJ Tampan Membeludak, Pemprov Riau Berjanji Akan Tambah Ruangaan

Pasien RSJ Tampan Membeludak, Pemprov Riau Berjanji Akan Tambah Ruangaan
RSJ Riau

RIAU (RA)- Pemerintah Provinsi Riau akan menambah bangunan baru, bagi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Pekanbaru. Ini guna mengatasi kelebihan kapasitas pasien yang kini sudah mengkhawatirkan.
 
"Kami akan mengajukan anggaran tahun depan untuk menambah bangunan Rumah Sakit Jiwa ini," kata Kadiskes Provinsi Riau, Zainal Arifin di Pekanbaru.

Menurut dia, setelah melakukan  kunjungan  ke tempat para pasien,  ternyata dirinya mendapatkan laporan adanya kelebihan kapasitas pasien di RSJ ini.

Para penghuni kesulitan untuk mendapatkan fasilitas tidur yang layak. Bahkan harus ada sebagian pasien yang terpaksa tidur di lantai tanpa ranjang.

"Kalaupun kita menambah ranjang tidur tidak bisa karena mau di taruh dimana, semua ruangan sudah penuh," kata dia.

Makanya menurut dia lagi, pihaknya akan mencoba mengajukan pembangunan tambahan ruangan dulu pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan Provinsi Riau tahun 2015.

Diakui dia upaya pengusulan perbaikan sarana di RSJ sudah tiga tahun terakhir ini selalu di tolak dengan alasan gagal tender.

"Tahun ini pihak RSJ juga mengajukan pembangunan istalasi IGD senilai Rp27 miliar, tetapi gagal  lelang sehingga tidak jadi," terang dia.

Untuk itu kata dia, pihaknya tahun depan akan mencoba mengawal anggaran pembangunan penambahan ruangan sekaligus penambahan ranjang, untuk mengatasi kelebihan kapasitas di RSJ ini.

"Kalau bisa selain anggaran instalasi yang sudah diajukan tahun lalu sebesar Rp27 miliar akan kita tambah lagi anggarannya," kata dia dilansir Antara.

Apalagi, menurut dia, anggaran kesehatan di APBD Provinsi Riau tahun ini baru  dianggarkan  sebesar 6 persen. Jika bisa di upayakan ada  menjadi 10 persen tahun depan, maka akan mampu memperbaiki layanan kesehatan masyarakat.

"Kalau perlu RSJ ini akan kita buat lebih bagus termasuk lingkungannya," kata dia.

 

Laporan : romg
 

Berita Lainnya

index