Sebanyak 1.510 Ekor Hewan Kurban di Inhu

Sebanyak 1.510 Ekor Hewan Kurban di Inhu
ils

INHU (RA)- Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Indragiri Hulu, tercatat 1.510 ekor hewan kurban telah dipersiapkan pada perayaan Idul Adha tahun ini.
Permintaan hewan kurban juga naik dibandingkan tahun lalu.

” Saat ini kita telah mempersiapkan 1.510 ekor sapi untuk kurban. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” kata Kadis Peternakan dan Perikanan, Drs H M Sadar MH kepada wartawan, Jumat (3/10).

Dikatakan M Sadar, jumlah peserta kurban pada tahun ini, mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Diperkirakan peserta kurban tahun ini sebanyak 5.920 orang. Selain itu sebutnya, Dinas Peternakan juga akan melakukan pengecekan langsung hewan kurban guna memastikan kesehatan hewan tersebut.

Hewan kurban tersebut harus Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). "Seluruh Kepala UPT Peternakan yang ada disetiap kecamatan, begitu juga dengan dokter hewan sudah kita instruksikan untuk bekerja sama melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dibeli masyarakat," ujarnya.

Tidak hanya itu, M Sadar juga menginstruksikan UPTD Peternakan untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen ternak yang diperjualbelikan oleh agen.

 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index