Aneh !! Disdukcapil Pekanbaru Temukan NIK Ganda Saat Legalisir KTP

Aneh !! Disdukcapil Pekanbaru Temukan NIK Ganda Saat Legalisir KTP

PEKANBARU (RA)- Selama proses pelaksanaan legalisir Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjelang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, menemukan ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Pekanbaru yang ganda.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharuddin, menyatakan temuan ini atas adanya keluhan masyarakat saat hendak melegalisir KTP di tempatnya.

"Kita memang ada temukan NIK ganda, mereka yang mengeluhkan langsung kita bantu untuk mengecek ke sistem lewat alat, memang ternyata di tolak oleh sistem," kata Bahar.

Menurut dia, kalau sudah begini, memang Disdukcapil tidak bisa berbuat banyak karena untuk NIK di keluarkan oleh pusat dan sudah terdaftar di sistem dan tidak bisa di rubah sembarangan.

"Untuk masalah ini kami hanya bisa menyarankan mereka menanyakan langsung ke panitia penerimaan CPNS melalui nomor kontak yang disediakan," sarannya.

Namun jika kesalahannya hanya karena salah tulis nama dan perbedaan nama dengan ijazah serta akte kelahiran, pihaknya bisa membantu dengan memberikan keterangan rekomendasi.

"Untuk kesalahan penulisan akan kita bantu memberikan keterangan," tandas dia.

Terkait pelayanan legalisir sejauh ini ia menambahkan, pihaknya tidak alami kendala dan berjalan lancar. Terutama dalam pelayanan, termasuk jadwal buka tetap konsisten hingga sore.

"Saya sudah mintakan petugas yang ditempatkan pada legalisir agar tidak ada yang libur atau bolos sampai penutupan penerimaan cpns," ujarnya.

 

Laporan : Ver

Editor : Don
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index