Ini 5 Langkah Mudah Atasi Area Selangkangan yang Menghitam

Ini 5 Langkah Mudah Atasi Area Selangkangan yang Menghitam
ilustrasi lemon

Riauaktual.com – Kulit area selangkangan yang menghitam merupakan hal yang wajar untuk terjadi. Namun area selangkangan yang hitam bagi kebanyakan orang bisa menganggu hingga menurunkan kepercayaan diri.

Menghitamnya area selangkangan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Misalnya seperti bertambahnya usia, penumpukan kulit mati, terlalu sering mencukur bulu kemaluan, hingga pengaruh hormon yang kurang stabil.

Bagi orang yang terganggu akibat perubahan warna tersebut, tak jarang hal ini membuatnya rela merogoh kocek besar untuk memutihkannya kembali.

Padahal, beberapa cara sederhana menggunakan bahan alami sebenarnya dapat kamu lakukan sebagai perawatan kulit untuk mengatasinya. Penasaran apa saja caranya?

Jika kamu termasuk sebagai seseorang yang memiliki selangkangan hitam dan merasa kurang percaya diri karenanya, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan seperti dilansir dari Halodoc.com berikut:

Minyak Kelapa dan Air Lemon


Lemon kaya vitamin C dan dipercaya dapat mengatasi hiperpigmentasi, sementara minyak kelapa bermanfaat sebagai pelembab kulit. 

Nah, kamu dapat mencampurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan jus lemon. Selanjutnya, gosokan “lulur” tersebut pada area hitam dan pijat selama 10 menit atau lebih. Terakhir, pastikan untuk mencuci bersih area tersebut. 

Menggunakan Bubuk Kunyit


Kunyit memiliki kandungan senyawa pigmen berwarna kuning atau oranye yang dipercaya dapat memutihkan selangkangan dengan cepat. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan perasan air jeruk nipis atau lemon untuk dioleskan pada area selangkangan. Selanjutnya, diamkan lulur tersebut selama 20 hingga 30 menit. Lakukanlah perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Mentimun


Buah yang satu ini diperkaya dengan berbagai mineral dan vitamin di dalamnya. Nah, untuk memutihkan selangkangan, kamu bisa memarut timun secukupnya. Selanjutnya, gosok area selangkangan selama 30 menit dan bilaslah menggunakan air hangat. Menariknya lagi, jus ketimun atau irisannya juga dapat mengurangi iritasi dan mengencangkan kulit selangkangan.

Scrub Gula


Gula dapat membantu proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Nah, bila kulit selangkangan yang menghitam diakibatkan oleh penumpukan kulit mati, maka penggunaan scrub gula dapat kamu coba.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Oleskan dan gosok secara perlahan scrub tersebut pada area kulit selangkangan yang hitam. Selanjutnya, pastikan untuk membilasnya secara bersih untuk menghilangkan scrub.

Irisan Kentang


Dilansir dari Healthline, enzim catecholase  yang terkandung pada irisan kentang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya, irislah kentang lalu gosokan irisan tersebut pada kulit selangkangan yang menghitam selama 15 menit. Kemudian, bilaslah kulit hingga bersih. (*)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index