Hadang Tim Yustisi, Relokasi Pedagang Agus Salim Diwarnai Lempar Batu

Hadang Tim Yustisi, Relokasi Pedagang Agus Salim Diwarnai Lempar Batu

Riauaktual.com - Relokasi pedagang di sepanjang Jalan Agus Salim, Sukaramai, Pekanbaru Kota, oleh Tim Yustisi Kota Pekanbaru sempat diwarnai adu mulut antara pedagang dan petugas. Pasalnya pedagang tidak menerima pembongkaran lapak yang dilakukan oleh tim yustisi, Kamis (18/11) siang. 

Ratusan personel gabungan Satpol PP Kota Pekanbaru, Dinas Perhubungan, BPBD, TNI dan Polri dikerahkan dalam pembongkaran lapak pedagang. Satu alat berat dan 10 dumptruk disiagakan dalam pembongkaran. 

Suasana memanas saat personel Satpol PP mencoba menerobos barisan pedagang untuk pembongkaran lapak. Adu mulut hingga aksi saling dorong terjadi.

Evi, salah satu pedagang mengaku sudah puluhan tahun menduduki lapaknya di Pasar Agus Salim ini.

Ia menyebut bahwa lapak yang disediakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru tidak layak untuk di tempati.

"Tempatnya tidak layak, ukuran lapak yang disediakan kecil dan sempit," kata Evi.

Saat alat berat masuk membongkar lapak pedagang, lemparan batu pun berterbangan mengarah ke petugas. Petugas pun sempat mundur dari barisan menghindari lemparan batu. Namun aksi pedagang berhasil diredam oleh petugas. 

"Kami melakukan penertiban dan pembongkaran terhadap bangunan yang berada diatas trotoar dan Jalan Agus Salim. Yang selama ini bangunan digunakan untuk berjualan," ujar Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, usai penertiban. 

Ia menyebut, ada 360 personil gabungan yang diturunkan dalam pembongkaran lapak pedagang ini. Pembongkaran lapak ditargetkan tuntas hari ini. 

"Para pedagang di relokasi ke pasar Rakyat Agus Salim, dekat sini juga," pungkasnya. 

#Pedagang Agus Salim

index

Berita Lainnya

index