DPKP Pekanbaru Masih Kekurangan Armada

DPKP Pekanbaru Masih Kekurangan Armada
Mobil Pemadam Kebakaran (MPK) (ilustrasi) istimewa

Riauaktual.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru masih kekurangan Mobil Pemadam Kebakaran (MPK) dan Rescue. Saat ini hanya tersedia 16 armada yang layak untuk dioperasikan. 

Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengungkapkan, dari total 16 armada itu termasuk 2 unit mobil rescue di dalamnya. Jumlah ini masih sangat jauh dari idealnya. 

"Kalau untuk idealnya, sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) setiap kecamatan itu harus ada dua pos dua mobil MPK," terang Burhan Gurning, Selasa (9/11/2021). 

Artinya, dengan jumlah 15 Kecamatan yang ada saat ini jika masing-masing pos kecamatan memiliki dua unit MPK, artinya harus ada 30 unit MPK yang tersedia. 

Ia mengaku, untuk tahun depan belum ada pengadaan mobil MPK. Tahun depan hanya dianggarkan untuk penambahan satu unit mobil rescue. Kondisi ini terkait keterbatasan anggaran Pemko Pekanbaru. Satu unit mobil rescue saja berkisar dari Rp1,5 miliar hingga Rp 2 miliar. 

Gurning berharap, mobil rescue ini seharusnya minimal ada empat unit guna dapat melayani di seluruh kecamatan. 

"Melihat kepadatan penduduk dan indikator lainnya, seharusnya ada empat. Satu di utara, Selatan, Timur dan Barat. Kenyataan, yang satu mobil juga sedang dalam perbaikan," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index