Kualitas Udara di Pekanbaru Sudah Tidak Sehat

Kualitas Udara di Pekanbaru Sudah Tidak Sehat
ISPU

PEKANBARU, RiauAktual.com - Berdasarkan pantauan dari ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) yang berada di depan kantor Walikota Pekanbaru dan Mall SKA menunjukan bahwa kwalitas udara di Kota Pekanbaru telah berada pada status tidak sehat yang artinya, udara sudah bersifat merugikan manusia maupun mahluk hidup, efek yang ditimbulakan merusak pada tumbuhan dan nilai estetika.

Kepala Laboratorium Pemko Pekanbaru, Syahrizal menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, karena ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan terutama pada pernafasan.

"Ya, kwalitas udara pada sore ini telah menunjukan pada kwalitas tidak sehat, maka dari itu kita menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan mengguanakan masker ketika melakukan aktifitas diluar rumah," jelas Syahrizal, Selasa (16/09/2014) kemarin.

Di sisi lain, Plt Dinas Kesehatan Pekanbaru, M Noer, meminta kepada seluruh warganya agar mewaspadai kondisi udara saat ini yang mulai di selimuti kabut asap. Khususnya anak-anak dan lanjut usia (lansia) serta mereka yang sensitif asap.

"Udara saat ini memang mulai menampakkan kondisi memburuk maka kita himbau kepada masyarakat terutama yang rentan terserang Ispeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) agar mengurangi aktivitas diluar ruangan dan menggunakan masker," ujar M Noer.

Dia mengatakan pihaknya akan menggelar rapat antar instasi terkait serta seluruh kepala puskesmas guna membahas beberapa tindakan mengatasi kabut asap.

"Untuk antisipasi, kita akan melakukan rapat bersama dengan seluruh Puskesmas yang ada di Pekanbaru untuk mengambil tindakan-tindakan pencegahan dari buruknya kwalitas udara, seperti pembagian masker, anak sekolah diliburkan dan sebagainya. ***

Editor: Riki
Sumber: riauterkini

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index