Biar Jalan Nangka tak Macet, Yok Naik Bus TMP

Biar Jalan Nangka tak Macet, Yok Naik Bus TMP
Bus Trans Metro Pekanbaru. FOTO: doc

PEKANBARU, RiauAktual.com - Upaya Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru untuk mengantisipasi kemaceran sudah disediakan sarana angkutan umum masal (SAUM) seperti bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Namun rute tertentu seperti Jalan Nangka, sejauh ini penggunaannya belum maksimal oleh warga sehingga tingkat kemacetan kendaraan pribadi semakin tinggi saja di rute ini.

Seperti diketahui, jika memasuki jam sibuk, khususnya pada sore hari, beberapa titik di ruas Jalan Nangka selalu macet. Seperti di depan Pasar Cik Puan hingga ke Jalan Paus dan di seputaran trafick light Mall SKA.

Kemacetan yang terjadi tak urung membuat masyarakat mengeluh, dan berharap kepada Pemko Pekanbaru agar mencari solusi untuk mengurai kemacetan.

Menyikapi keluhakan masyarakat, Walikota Pekanbaru H Firdaus MT, Kamis (21/8/2014) menyebutkan, untuk mengatasi kemacetan di ruas Jalan Nangka, solusi yang paling efektif adalah mengajak masyarakat untuk menggunakan sarana angkutan umum masal (SAUM) seperti bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

"Untuk mengatasi kemacetan yang paling efektif dan efisen adalah mengajak masyarakat menggunakan angkutan umum masal. Sekarang ini Pemko telah menyediakan bus yang bisa melayani seluruh koridor," terang Firdaus.

Dijelaskan Firdaus, untuk meringankan beban masyarakat yang menggunakan bus, pemerintah mensubsidi tiket bus. Selain itu disebutkan pula, secara ekonomis bus lebih murah biayanya dari pada menggunakan kendaraan pribadi.

"Secara ekonomis lebih murah dibandingkan biaya yang dihabiskan untuk bahan bakar sepeda motor. Selain itu tingkat keamanannya juga lebih tinggi dari pada menggunakan sepeda motor," tutupnya. (ver)

Edtor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index