HUT RI Ke 69

Masih Banyak Tempat Usaha di Kota Pekanbaru yang Belum Kibarkan Bendera Merah Putih

Masih Banyak Tempat Usaha di Kota Pekanbaru yang Belum Kibarkan Bendera Merah Putih
Salah satu tempat usaha yang tidak mengibarkan bendera merah putih. FOTO: ver

PEKANBARU, RiauAktual.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pekanbaru, menurunkan 4 tim untuk menyisir ruko sepanjang jalan protokol Pekanbaru, sembari mensosialisasikan pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 69.

Puluhan Satpol PP menyambangi toko, kantor dan rumah di Jalan Ahmad Yani, Jalan Nangka, Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Setia Budhi.

Aksi ini dilakukan karena melihat minim sekali masyarakat yang memasang bendera merah putih dan umbul-umbul. Padahal, perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal dua hari lagi.

Kurangnya partisipasi masyarakat memeriahkan hari kemerdekaan dengan pemasangan umbul-umbul dan bendera itu, membuat Satpol PP gerah. Itulah yang mendorong mereka turun door to door untuk memperingatkan masyarakat.

Pantauan di lapangan, puluhan Satpol PP ini menyambangi satu per satu bangunan yang ada di sepanjang jalan itu. Bangunan yang tidak memasang bendera atau umbul-umbul diperingatkan agar segera memasang. Mereka juga menggunakan pengeras suara untuk mensosialisasikan hal itu.

"Kami lihat paradigma masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan sudah bergeser. Terlihat dari minimnya masyarakat yang memasang bendera atau umbul-umbul. Padahal, beberapa tahun lalu partisipasi masyarakat sangat besar. Sehingga hari kemerdekaan sangat terasa kemeriahannya," kata Plt Kepala Satpol PP Pekanbaru Azharisman Rozie, kemarin, Jumat.

Menurutnya, sudah jauh hari Pemko membuat surat edaran agar camat-camat mensosialisasikan ke masyarakat untuk memasang bendera. Tapi nyatanya, dua hari sebelum 17 Agustus, masih banyak yang belum memasang. Bahkan, beberapa bangunan di dekat kantor Kecamatan Sukajadi pun tidak memasang bendera.

Rozie menekankan, dengan seperti ini camat dan lurah hendaknya proaktif memperingatkan warganya untuk memasang bendera. Camat dan lurah menurutnya tidak boleh enggan datang ke rumah warga.

"Karena bagaimanapun ini kan warga mereka juga," tuturnya.

Dengan turunnya Satpol PP, Rozie berharap kesadaran masyarakat semakin tinggi. Karena dengan jalan itu setidaknya warga telah menunjukkan rasa cinta pada negara dan mensyukuri kemerdekaan bangsanya sendiri. (ver)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index