417 Titik Api Jadi Ancaman Serius Kabut Asap di Riau

417 Titik Api Jadi Ancaman Serius Kabut Asap di Riau
Jembatan Siak diselimuti kabut asap. FOTO: viva

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ratusan titik api yang menyebar di Riau akan menjadi ancaman serius. Dalam beberapa pekan ini, titik api terus meningkat. Dari 570 titik yang teridentifikasi Senin 21 Juli 2014 ini, sebanyak 417 titik berada di Riau.

Kepala Bidang Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, menjelaskan, 417 titik itu tersebar di 11 kabupaten dan kota di Riau.  Artinya, dari 12 kabupaten dan kota yang ada di Riau, hanya Pekanbaru yang tidak terdeteksi hotspot.

"Hotspot update 21 Juli 2014 pukul 05.00 berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua dari BMKG di Sumatera ada 570 hotspot, 417 dari jumlah tersebut berada di Riau," kata Agus Wibowo.

Seperti yang terjadi selama ini, hotspot terbanyak di Riau selalu berada di Kabupaten Rokan Hilir. Hari ini di Rokan Hilir terdeteksi 327 titik.

"Daerah terbanyak kedua berada di Bengkalis, 27 titik, disusul Rokan Hulu 21 titik," ujarnya.

Sementara itu, di Kepulauan Meranti terdapat 1 titik, Kampar 9 titik, Dumai 6 titik, Kuansing 5 titik, dan Pelalawan 9 titik. Di Kabupaten Siak terdapat 6 titik.  "Di Indragiri Hilir ada 4 titik dan di Indragiri Hulu 2 titik," katanya.

Sementara itu, cuaca di Riau pada umumnya cerah. Peluang hujan diperkirakan sangat minim. ***






Sumber: Viva
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index