Tim Kukerta UNRI Sosialisasikan Pemanfaatan dan Pembuatan Tanaman Hidroponik Kepada Warga Desa Muara

Tim Kukerta UNRI Sosialisasikan Pemanfaatan dan Pembuatan Tanaman Hidroponik Kepada Warga Desa Muara

Riauaktual.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( Kukerta ) Universitas Riau Desa Muara Bahan, Kec. Singingi Hilir, Kab. Kuantan Singingi, melakukan sosialisasi dan praktek kepada masyarakat desa dalam pembuatan dan pemanfaatan tanaman hidroponik.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari program kerja tim Kukerta UNRI kepada masyarakat di Desa Muara Bahan dalam upaya menunjang kesejahteraan dan kreatifitas masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang ada. 

"Dalam masa pandemi ini, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan bahan yang ada seperti ember dan sterofoam dapat membuat tanaman hidroponik yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Ketua tim Kukerta Rafi'ul Muzaki, Senin (09/8/2021) kemarin. 

Proses pembuatan tanaman hidroponik ini mudah dipraktekkan dengan bahan yang terjangkau dan gampang ditemui dirumah, mengenai nutrisi dapat dibeli di toko organik ataupun di online shop.

"Terdapat 5 buah pipa berukuran 2,5 inc dengan panjang 6 m, yang masing - masing terdapat 20 tanaman yang terdiri dari sawi dan selada untuk sosialisasi kali ini," terang Rafi'ul Muzaki.
 
Upaya tim Kukerta UNRI tersebut juga mendapat sambutan baik dari ketua badan permusyawaratan desa (BPD), Beudiono. Beliau mengucapkan Terimakasih kepada tim Kukerta Balek kampung UNRI 2021.

"Terimakasih atas pemaparannya. Karena memang tanaman hidroponik merupakan ide yang baik untuk meningkatkan produktivitas masyarakat desa Muara Bahan di masa pandemi covid-19, apalagi hanya menggunakan lahan dan bahan yang ada," tuturnya.

Sementara Rafi'ul Muzaki menambahkan walaupun sosialisasi ini ditengah pandemi, sehingga hanya dihadiri oleh perwakilan kepala dusun, namun kita sangat bersyukur atas antusias dari masyarakat desa muara bahan untuk menghadiri sosialisasi ini.

"Saya selaku ketua tim Kukerta mengucapkan terimakasih yang sebanyak - banyaknya atas antusias yang luar biasa dari masyarakat desa Muara Bahan. Melalui sosialisasi pembuatan dan pemanfaatan tanaman hidroponik ini, diharapkan dapat membantu kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index