Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Tuah Karya Lakukan Kegiatan Belajar Bersama Anak-Anak Sekitar

Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Tuah Karya Lakukan Kegiatan Belajar Bersama Anak-Anak Sekitar

Riauaktual.com - Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Balek Kampung UNRI melakukan kegiatan belajar bersama dengan anak-anak yang ada disekitaran Kelurahan Tuah Karya tepatnya di lingkungan RT 01 RW 18. 

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja penting Mahasiswa UNRI dalam pengabdiannya untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama yang berada dalam rentang usia sedang menempuh pendidikan sekolah dasar. 

Mengingat literasi ini sangat penting untuk dapat dikembangkan sedari dini agar bisa menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul untuk masa depan Indonesia yang menargetkan generasi emas 2045. 

“SDM adalah salah satu faktor utama dalam membangun negara, maka peningkatan literasi masyarakat sangatlah penting sedari dini. Oleh sebab itu meskipun kegiatan ini sederhana yaitu belajar bersama, namun kami semua sebagai perwakilan Mahasiswa UNRI ingin menciptakan suasana belajar yang tidak terlupakan kepada anak-anak tersebut. Bahwasanya kegiatan belajar itu sebenarnya menyenangkan sehingga mereka tetap bisa selalu bersemangat dalam belajar dan mengukir prestasi untuk kedepannya,” ucap Muhammad Abel Mardhovandi, Mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur UNRI yang merupakan Wakil Ketua Kelompok Kukerta Kelurahan Tuah Karya RW 18.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 yang berlangsung di Posko Kukerta Mahasiswa UNRI yang terletak di samping Masjid Miftahul Jannah Gg. Bayu, Tuah Karya, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Riau. 

Dimulai dari pukul 09.00 WIB Mahasiswa Kukerta UNRI mengundang anak-anak yang berdomisili disekitar posko Kukerta Mahasiswa UNRI dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. 

Jumlah anak-anak juga terbatas sebanyak enam orang, diberikannya hand sanitizer dan juga masker untuk dipakai oleh mereka selama kegiatan berlangsung. 
    
Acara belajar bersama ini dibuka oleh dua orang MC (Master of Ceremony) yaitu Secilia Emmanuel Septio Pardede dan Tasya Syafa Dwinda, kemudian setiap anggota Kukerta memperkenalkan diri terlebih dahulu didepan anak-anak yang hadir dan barulah anak-anak tersebut turut memperkenalkan diri secara bergantian. Acara ini dibagi sebanyak tiga sesi untuk melakukan berbagai kegiatan belajar yang menyenangkan dengan harapan dapat merangsang literasi anak-anak tersebut.
    
Sesi pertama dimulai dengan kegiatan perlombaan mewarnai gambar buah-buahan yang sudah disediakan oleh Mahasiswa UNRI. Sebelumnya anak-anak sudah diingatkan untuk membawa pensil warna milik mereka dari rumah. Pada kegiatan perlombaan ini berlangsung selama lebih kurang satu jam, yang kemudian selesai yang ditandai dengan kegiatan pembagian snack dari Mahasiswa Kukerta UNRI sebagai waktu istirahat sebelum berlanjut ke sesi selanjutnya. 
    
Pada sesi kedua anak-anak yang hadir diajak untuk belajar bersama dengan kegiatan membaca dan berhitung. Pada kesempatan itu Mahasiswa Kukerta UNRI menilai bahwasanya anak-anak sudah dalam tahap lancar membaca, namun dalam hal berhitung mereka baru lancar dalam penambahan dan masih kurang dalam hal melakukan pengurangan dan perkalian. Sembari kegiatan ini berlangsung beberapa mahasiswa melakukan penilaian terhadap gambar yang sudah dikumpulkan oleh anak-anak untuk mencari dua gambar terbaik. 
    
Disesi ketiga yang merupakan sesi terakhir dilalui dengan kegiatan Ranking 1, yang masih dipimpin oleh MC yang sama. Dalam kegiatan ini Mahasiswa memberikan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan umum sesuai dengan usia anak-anak tersebut dan juga soal perhitungan sederhana. Meskipun anak-anak menemukan kesulitan dalam menjawab beberapa pertanyaan, namun mereka tetap bergembira. Sesuai dengan nama perlombaannya kegiatan ini menghasilkan satu orang anak yang mendapatkan juara. 
    
Seusai semua kegiatan berlangsung, Mahasiswa Kukerta UNRI langsung mengumumkan juara dari dua perlombaan yang sudah diadakan, yaitu mewarnai dan ranking 1. Anak-anak yang juara diberikan kembali snack spesial yang sudah dibungkus dalam parsel yang cantik. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dengan anak-anak yang hadir dan Mahasiswa Kukerta UNRI juga, dalam kondisi masih menerapkan protokol kesehatan yaitu tidak melepaskan masker sama sekali saat sesi foto bersama. 

“Sembari membagikan snack kembali diakhir ketika anak-anak akan pulang, kami juga menitipkan pesan kepada mereka. Yaitu apabila mereka menemukan kesulitan dalam belajar ataupun mengerjakan tugas dari sekolah dapat datang kapan saja ke posko Kukerta kami. Sebab kegiatan belajar bersama ini, In Syaa Allah akan berlangsung kontinu selagi Mahasiswa masih melangsungkan kegiatan Kukerta di RW 18 Kelurahan Tuah Karya ini” Ucap Nur Ramadhanti, Mahasiswi Fakultas dan Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fisika yang merupakan salah satu anggota Kukerta. (ALP)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index