Jaga Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN-DR Plus UIN Suska Riau Manfaatkan Lahan Warga Untuk Bercocok Tanam

Jaga Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN-DR Plus UIN Suska Riau Manfaatkan Lahan Warga Untuk Bercocok Tanam

Riauaktual.com - Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau laksanakan Kuliah Kerja Nyata dari Rumah (KKN-DR PLUS). 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4441 orang mahasiswa terdiri 1708 orang laki-laki dan 2733 orang perempuan (dikutip dari website uin-suska-ac.id).

Sebagai contohnya, 9 orang Mahasiswa/i UIN Suska Riau dari berbagai jurusan ini. Terdiri dari Ardiansyah Hasibuan (Ilmu Hukum), Thopan Maidia A (Teknik Elektro), Gilang Febriyansyah (Peternakan), Rapi (Pengembangan Masyarakat Islam), Nada Affina M (Ilmu Komunikasi), Nurhayani (Ekonomi Syariah), Latri Yuhelmi (Ekonomi Syariah), Karmila (PIAUD), dan Rizka Andriani D (PIAUD) yang laksanakan KKN-DR PLUS di RW 01 RT 02 Kelurahan Air Putih, Kota Pekanbaru. 

Lurah Air Putih Agus Sutiartono menyambut dan meresponnya dengan baik.

"Terimakasih kami ucapkan kepada adik-adik mahasiswa dari UIN Suska Riau yang mau memberikan ilmunya kepada warga kami semoga kedatangan adik-adik menambah wawasan dan pengetahuan warga kami," ucap Lurah.

Pada kesempatan yang sama, Lurah juga menyampaikan untuk tetap menerapkan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Membatasi Mobilitas, dan Menjauhi Kerumunan).

Salah seorang mahasiswa KKN Rapi menyebut, dimasa pandemi covid-19 saat ini kestabilan pangan harus tetap terjaga. Terlebih, berdasarkan pernyataan Organisasi Pangan Sedunia (FAO), potensi krisis pangan dimasa pandemi akan mengancam dunia termasuk indonesia. 

"Jadi hal tersebut jugalah yang menggerakkan kita membuat program Menjaga Kestabilan Bahan Pokok Selama Pandemi Covid-19, melalui pemanfaatan lahan kosong milik warga," tutur Rapi.

Ia juga menyebut, hasil atau manfaat dari kegiatan ini sepenuhnya akan diberikan kepada masyarakat agar dapat dinikmati bersama keluarganya. Dan tidak hanya itu, sayur-sayuran yang ditanam ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi berlangsung.

Ketua RT 02, Misupriadi menyatakan dukungannya atas kegiatan mahasiswa selama kegiatan berlangsung.

"Kita ucapkan terimakasih. Dan semoga apa yang dilakukan adek-adek mahasiswa bisa bermanfaat bagi warga kita," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index