Merasa Dicurigai, Gubernur Papua: Saya Meminta Kepada Presiden untuk Meletakkan Trust Kepada Saya

Merasa Dicurigai, Gubernur Papua: Saya Meminta Kepada Presiden untuk Meletakkan Trust Kepada Saya
Lukas Enembe (Foto: Istimewa)

Riauaktual.com - Gubernur Papua Lukas Enembe berharap Presiden Jokowi memberikan kepercayaan atau trust kepada dirinya. Dia ingin tak ada rasa curiga dari pemerintah pusat kepadanya.

“Saya meminta kepada pemerintah pusat, kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan seluruh jajarannya untuk meletakkan trust atau rasa percaya kepada saya dan kepada rakyat Papua tanpa ada sekat dan menaruh curiga yang terbangun di tengah-tengah kita,” ujar Lukas Enembe, Selasa (27/7/2021).

Hal itu disampaikan di sela-sela perayaan ulang tahunnya ke-54 di Jayapura.

Lukas ingin mendapat kepercayaan seperti gubernur lainnya.

Lukas Enembe mengatakan dirinya adalah seorang kepala daerah yang bernilai sama dengan 33 kepala daerah provinsi lainnya di Indonesia.

Dia menyatakan Pemprov Papua sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.

“Tugas dan kewajiban juga serupa dengan Bapak Anies Baswedan di Jakarta, Bapak Ridwan Kamil di Jawa Barat, Bapak Nova Iriansyah di Aceh, Bapak Olly Dondokambey di Sulawesi Utara, Bapak Isran Noor di Kalimantan Timur, dan yang lainnya,” jelasnya sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

“Kami semua adalah perpanjangan tangan pemerintah pusat yang ada di daerah,” katanya.

“Bukan berarti saya memiliki otoritas tanpa kendali, itu tidaklah benar,” katanya.

“Saya masih memiliki kesadaran bahwa seorang gubernur juga wajib menaruh hormat kepada elemen pusat yang dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” tambahnya.

Lukas Enembe juga mengatakan ingin meluruskan bahwa kondisi yang ada saat ini akan terus bereskalasi dan sulit menemukan titik akhirnya.

Apabila elemen pusat dan elemen daerah tidak saling membangun trust atau kepercayaan.

“Saya bersama rakyat Papua selalu berupaya untuk senantiasa mengedepankan kasih dalam setiap tindakan,” jelasnya.

“Kami sadar bahwa ketertinggalan Papua hari ini adalah akumulasi dari banyaknya persoalan yang belum sepenuhnya pudar dari masa-masa yang lalu,” katanya.

“Oleh sebab itu, kami memilih sebuah visi yang bernama Papua Bangkit,” kata dia.

Lukas juga bicara soal nasionalisme. Dia menyebut mengutip ucapan Presiden ke-1 RI Sukarno.

“Nasionalis yang sejati itu adalah nasionalismenya, bukan timbul semata-mata tiruan dari nasionalisme Barat, akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan,” kata Lukas menirukan ucapan Bung Karno.

Dia merasa hingga saat ini masih ada yang meragukan nasionalismenya. Dia juga merasa tuduhan soal nasionalismenya menjurus pada fitnah.

“Saya sengaja mengutip kalimat Bung Karno soal nasionalisme. Sebab, hingga detik ini masih saja ada beberapa pihak yang menganggap nasionalisme saya terhadap NKRI tidak murni atau tidak ada sama sekali,” katanya.

“Tuduhan dan sangkaan terhadap nasionalisme yang saya miliki terkadang sudah di luar batas dan mengandung kadar fitnah yang sungguh tebal,” ujarnya.

Lukas Enembe merasa ada pihak yang menyerang dan menuduhnya sebagai seorang pemimpin yang tidak nasionalis.

“Merah Putih masih terjahit rapi menyelimuti hati saya,” katanya.

“Terlebih kami orang-orang asli Papua sangat berterima kasih oleh sebuah semboyan indah Bhinneka Tunggal Ika yang merajut tali persaudaraan kita selama puluhan tahun bangsa ini merdeka,” katanya lagi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index