Walikota Sebut Pemekaran Kecamatan Rumbai Masih Terlalu Dini

Walikota Sebut Pemekaran Kecamatan Rumbai Masih Terlalu Dini
Walikota Pekanbaru Firdaus MT. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Isu pemekaran yang dienduskan oleh beberapa pihak bagi Kecamatan Rumbai untuk menjadi kota, menuai tanggapan dingin dari Walikota Pekanbaru H Firdaus MT.

Walikota mengatakan, pemekaran Rumbai masih prematur dan terlalu dini diajukan, pasalnya beberapa faktor pendukung pemekaran Rumbai belum terpanuhi bahkan belum ada titik terangnya.

"Saya katakan kalau wacana boleh-boleh saja. Tapi kalau kita mempedomani regulasi serta aturan yang ada, ini masih jauh dari kata layak," kata Firdaus MT, Kamis (17/7/2014).

Bukan hanya itu saja, Wako menjelaskan berdasarkan kebijakan Pemerintah Pusat, dalam membatasi pemekaran wilayah, sesungguhnya Rumbai masih jauh dari kata layak.

"Pemerintah Pusat mengevaluasi wilayah-wilayah yang sudah mekar itu, apakah bisa menghidupkan wilayahnya sendiri atau tidak. Karena banyak wilayah yang sudah dimekarkan itu bahkan APBD-nya hanya bisa bayar gaji saja. Dan tak bisa membangun. Kalau sudah begitu, tentu tidak membawa manfaat bagi masyarakat," ujar Wako menjelaskan.

Maka dari itu, lanjut Firdaus lagi, jika hanya sebatas wacana dan pemikiran saja untuk menjadikan Rumbai sebagai kota silahkan saja. Karena sekali lagi,  Wako mengangap itu sebagai suatu kreativitas.

Meski demikian diakuinya kebijakan Pemko untuk tetap memperhatikan Rumbai sebagai prioritas pembangunan saat ditanyakan, Firdaus malah mengaku justru selalu memberikan perhatian.

"Kita tetap memberikan perhatian pembangunan Kecamatan Rumbai dari dulu lagi," tutupnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index