Kukerta UNRI Kelurahan Gajah Sakti Bikin Hand Sanitizer Berbahan Alami

Kukerta UNRI Kelurahan Gajah Sakti Bikin Hand Sanitizer Berbahan Alami

Riauaktual.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, melakukan upaya pencegahan Covid-19 dengan membuat hand sanitizer berbahan alami.

Hand sanitizer merupakan suatu produk instan yang penting serta sangat dibutuhkan oleh masyarakat dimasa pandemi saat ini yang diwajibkan untuk selalu mencuci tangan. Adanya handsanitizer memudahkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan tangan ketika tidak menemukan air untuk mencuci tangan.

Kegiatan pembuatan handsanitizer menggunakan bahan-bahan alami mudah dijumpai dan menghemat biaya, seperti jeruk nipis, daun sirih merah, dan Alkohol 70%. 

Bahan alami yang digunakan dalam pembuatan handsanitizer memiliki berbagai manfaat, jeruk nipis memiliki manfaat sebagai antiseptik, daun sirih merah juga bermanfaat sebagai antiseptik dan menghambat pertumbuhan bakteri, dan alkohol 70% dapat digunakan untuk membersihkan permukaan tubuh dari kuman, virus, dan bakteri.

Pembagian hand sanitizer berbahan alami ini di distribusikan pada hari Jumat (16/07/2021) lalu kepada pedagang di sekitar Kelurahan Gajah Sakti dan di Lampu merah. 

Salah satu pedagang di sekitar Kelurahan Gajah Sakti mengapresiasi dengan adanya pembagian hand sanitizer ini. Terlebih dalam kondisi pandemi.

Selaku perwakilan tim KKN, Windi Olivia Ningsih berharap kegiatan pembuatan handsanitizer berbahan alami yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga ini bermafaat dan bisa dicontoh oleh masyarakat, terutama dalam pembuatan," singkatnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index