Pilpres 2014

Di Pekanbaru, 1 TPS Dikawal 2 Linmas

Di Pekanbaru, 1 TPS Dikawal 2 Linmas
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk pengamanan pada Pemilihan Presiden (pilpres) 9 Juli 2014, tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Pekanbaru akan dikawal dua orang petugas Linmas.

Kesiapan pengamanan ini ditandai dengan digelarnya apel pergeseran pasukan pengamanan TPS pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2014 di Lapangan SPN dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Senin (7/7/2014).

Kepala Kesbangpol, Agus Pramono, saat dimintai keterangannya mengakui pihaknya sudah menyiagakan 4.024 Personil Untuk Pengamanan Pilpres. Katanya, 4.024 personil ini akan ditempatkan pada semua TPS di setiap kelurahan dan kecamatan Pekanbaru yang jumlahnya mencapai 1799.

"Ya, tadi kita melakukan apel di SPN bersama pihak KPU, kepolisian dan aparat keamanan lainnya untuk persiapan penjagaan dan pengamanan pemilihan presiden 9 Juli mendatang," ungkap Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Agus Pramono.

Dikatakannya, bukan personil limmas saja yang berjaga, tapi ini akan melibatkan Satpol PP, Damkar dan pihak kepolisian. "Kalau khusus dari kita, akan mensiagakan setiap satu TPS dua personil linmas," ujarnya lagi.

Dijelaskannya, tugas utama dari personil linmas ini yaitu mengamankan TPS dari kerawanan-kerawanan kecurangan pilpres. Seperti penjokian, surat suara salah dan sebagainya.

"Intinya mereka mengamankan dan kita juga menghimbau kepada masyarakat jika menemukan kecurangan untuk melapor kepada petugas atau kesbangpol langsung," ujarnya.

Disinggung mengenai kenetralan petugas linmas, Agus mengatakan petugas tetap netral dan tidak memihak pada salah satu calon. Tahun ini jumlah anggaran perlengkapan linmas mencapai Rp1,54 miliar. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index