Provinsi Bangun Taman Kota dan Masjid Untuk Kota Pekanbaru

Provinsi Bangun Taman Kota dan Masjid Untuk Kota Pekanbaru
Gubernur Riau Annas Maamun menyampaikan pidatonya. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Gubernur Riau H Annas Maamun, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau akan menyokong pembangunan di Kota Pekanbaru. Ada beberapa sektor pembangunan yang akan dilakukan Pemprov Riau, seperti taman kota dan masjid perkantoran Kota Pekanbaru.

"Karena Kota Pekanbaru akan menjadi barometer perkembangan di Provinsi Riau, kalau Rokan Hilir tak maju tak apa lah," kata Annas dalam pidatonya saat paripurna Hari Jadi Kota Pekanbaru, Senin kemarin.

Seperti pembangunan taman kota sepanjang pinggir Sungai Siak yang ada di Kota Pekanbaru. Akan dibangun sebagus mungkin sehingga bermanfaat bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

"Saya sudah lihat kemarin sama Pak Wakil Walikota Pak Ayat, memang cantik. Nanti dibuat kios untuk makanan khas setiap daerah. Ada sekitar 118 hektar lahan yang harus kita bebaskan untuk taman kota itu nantinya, sampai di Jalan Sembilang Rumbai sana," ujar Annas lagi.

Setelah taman kota itu rampung dibangun oleh provinsi, maka akan diserahkan kepada Pemko Pekanbaru. Dengan syarat, pemko tidak memberlakukan pungutan apa-apa kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan taman kota tersebut.

"Nanti taman kota itu bisa menampung 200 sampai 400 warga untuk berjualan di sana. Kalau sekarang saya tengok kemarin, ada pedagang jualan kopi, tak laku karena dia-dia saja yang beli. Maka nanti biar kami bangun," paparnya lagi.

Wacana pemindahan kator walikota memindahkan pusat perkantoran, juga disokong oleh Gubernur Riau Annas Maamun, menurutnya, pihak Pemprov akan membantu untuk membangun masjid di pusat perkantoran itu nantinya.

"Kami bantu masjid sampai selesai, nanti diserahkan ke Pak Wali. Kita kurang setuju dana bantuan daerah sampai 30 miliar itu saya tengok tak ada nampak, kepala dinas kabuaten katanya dipakai untuk memagar sekolah, mengecat sekolah, tapi tak nampak. Bagus kita siapkan bangunannya, selesai kita serahkan ke pak wali," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index