Cita-cita Walikota Pekanbaru Menyimpan Arsip Secara Elektronik Akan Dimulai

Cita-cita Walikota Pekanbaru Menyimpan Arsip Secara Elektronik Akan Dimulai
Walikota Pekanbaru Firdaus MT. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Cita-cita Walikota Pekanbaru untuk menata dokumen kepemerintahan kedepan akan diwujudkan dalam pembuatan elektronik data. Niat baik itu kini sudah dimulai dengan diselesaikannya pembangunan gedung Badan Perpustakaan dan Arsip (BPA) Kota Pekanbaru.

Gedung tiga lantai ini separuhnya akan digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan dokumen keperintahan mulai dahulu sampai waktu mendatang. Dalam tinjauan yang dilakuan saat peresmian gedung BPA, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, melihat memang belum seutuhnya penempatan data dan dokumen pemko dalam bentuk canggih.

"Untuk arsip kedepan akan dikelola dengan management dan IT yang canggih. Memang saat ini ada yang sudah mekanik lemarinya tetapi belum mekanik arsipnya. Sebahagian ada juga yang biasa. Ini nanti juga akan kita ubah bertahap," ujarnya sembari memerintahkan Kepala BPA untuk mencarikan pola yang tepat.

Menurut Wako, untuk realisasi pembuatan elektronik data pemerintahan, Pemko  sudah mengusulkan sejak tahun 2013 lalu. Tetapi sampai sekarang belum sepenuhnya terealisasi karena masih dicari polanya. Apalagi butuh biaya besar.

"Kita harapkan nanti PD Pembangunan yang akan membangun gedung server akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk dapat membantu pembuatan elektronik data pemerintah," harapnya.

Meski demikian, Wako berpesan sembari menantikan wacana di atas direalisasikan, BPA tetap menata arsip dan data pemko dengan baik agar tidak ada yang rusak bahkan hilang, karena ini barang bukti khusunya surat-surat berharga atas kepemilikan aset pemko harus disimpan di lemari besi khusus.

"Untuk arsip tolong ditata lemarinya dengan sistem IT," imbuh Wako. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index