Ternyata Istri UAS Anak Bos Toko Emas, Maharnya 244 Gram Emas

Ternyata Istri UAS Anak Bos Toko Emas, Maharnya 244 Gram Emas
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Chairul Riski (istimewa)

Riauaktual.com - Ustad Abdul Somad (UAS) resmi menikahi gadis asal Jombang, Fatimah Azzahra Salim Barabut, Rabu (28/4). Istri UAS ini merupakan anak bos toko emas.

Proses akad nikah berlangsung sederhana di rumah keluarga mempelai wanita di Dusun Pajaran, Desa/Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang dengan mahar perhiasan dari emas.

Abah Salim Sholeh Barabut, orang tua dari Fatimah Az Zahrah menjadi wali dalam pernikahan ulama kondang ini.

Menariknya, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal bersama Abdul Hamid Barabut, paman dari Fatimah, menjadi saksi dalam proses ijab qabul ulama asal Riau tersebut.

Salim menikahkan UAS dengan putrinya Fatimah dengan mas kawin berupa 244 gram emas.

“Qabiltu nikahaha wa zawajaha bil mahril madzkur haalan,” kata Abdul Somad dalam satu tarikan napas saat prosesi ijab- kabul.

Hadir juga dalam prosesi akad nikah para kiai dari Gontor seperti Prof Dr KH Amal Fatullah Zarkasyi, KH Akrim Maryat, Rektor Unida Prof Dr KH Hamid Fahmi Zarkasyi, Dr KH Hidayatullah Zarkasyi dan undangan lainnya.

Jamaluddin, adek kandung UAS juga terlihat duduk di samping UAS.

”Alhamdulillah, guru kita, ustad Abdul Somad tadi sore baru saja selesai melangsungkan akad nikah, kata Hendriyanto, sahabat UAS yang ikut dalam proses bersejarah itu.

Perlu diketahui, secara syariat (fiqih), Ustad Abdul Somad telah bercerai dengan Mellya Juniarti sejak lima tahun yang lalu, tepatnya pada Mei 2016. Namun secara negara, yakni melalui putusan Pengadilan Agama, baru pada Desember 2019 lalu.

Tak ada yang dapat diucapkan, jelas Hendri, kecuali apa yang diajarkan Rasulullah SAW saat memberikan ucapan selamat kepada seseorang yang menikah.

“Beliau mengucapkan: Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah memberkahimu dan Allah satukan kalian berdua dalam kebaikan,” singkat Hendri seraya mengutip hadis Abu Daud.

Akad Nikah Cuma Dihadiri 25 Orang

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Abd. Ghafur, membenarkan terkait akad nikah ustad Abdul Somad.

 

”Ya, tadi akad nikahnya sekitar pukul 16.30 di rumah mempelai wanita,” terangnya kepada Radar Jombang, kemarin.

Kegiatan digelar cukup sederhana. Dan hanya dihadiri sejumlah perwakilan keluarga dan dari pondok pesantren.

”Hanya dihadiri sekitar 25 orang, dari keluarga dan dari pondok,” singkatnya.

Siapa sebenarnya Fatimah Az Zahra Salim Barabud? Gadis yang belum berusia 20 tahun itu ternyata anak dari bos toko emas.

Seperti diberitakan Radar Cirebon (Jawa Pos Group), Fatimah ternyata bukan gadis sembarangan. Istri UAS ini berasal dari keluarga yang alim dan kaya.

Fatimah lahir pada 1 Oktober 2001. Ia berasal dari Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ayahnya, Salim Sholeh Barabud, adalah seorang bos toko emas di Pasar Peterongan dan Sumobito. Mereka tinggal di Perumahan Kepuh Permai di Desa Kepuhkembeng.

Fatimah dikenal sebagai anak perempuan yang salehah. Ia mengenyam pendidikan di pesantren selepas lulus SD.

Istri UAS ini pernah dipondokkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Ma’had Al-Muqoddasah li Tahfidhil Quran, Nglumpang, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index