Tingkat Kosumsi Ikan Masyarakat Riau Hanya 22,72 Kg Pertahun

Tingkat Kosumsi Ikan Masyarakat Riau Hanya 22,72 Kg Pertahun
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi, mengajak masyarakat Pekanbaru, untuk meningkatkan konsumsi terhadap ikan. Pasalnya ikan memiliki protein omega 3 yang dibutuhkan anak-anak untuk pertumbuhan daya pkir dan kecerdasannya.

Himbauan ini juga disampaikannya mengingat jumlah konsumsi ikan di Riau hingga tahun 2013 masih rendah hanya 22,72 kg/kapita/tahun. "Jumlah ini masih jauh di bawah konsumsi ikan negara Amerika, Jepang yang mencapai 140 kg/kapita/tahun," ujarnya, Kamis (12/6/2014).

Padahal, negara Indonesia yang dikelilingi laut dan penghasil ikan terbesar di dunia. Melihat kondisi ini ia menghimbau agar anak-anak ditanamkan pola ingat ikan kalau mau makan.

"Kalau perlu tidak ada ikan tidak mau makan anak-anaknya," tandasnya.

Data Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru menyebutkan,  angka konsumsi ikan di Riau secara nasional masih rendah. Penyebabnya selain masalah tingkat konsumsi juga belum meratanya produksi ikan di berbagai wilayah ditambah rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya konsumsi ikan.

"Mendapatkan ikan juga masih sulit dengan harga yang cukup mahal," kata Kadistan Edwar Yunus.

Melalui Forikan, Edward berharap agar tingkat konsumsi ikan di masyarakat bisa meningkat. "Kita berupaya potensi ikan Indonesia bisa tinggi mencapai 65 juta ton/tahun," pungkasnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index