Penataan Pasar Ramadan Tanggung Jawab Camat

Penataan Pasar Ramadan Tanggung Jawab Camat
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Masuknya bulan Ramadhan 1435 H hanya tinggal menghitung hari. Hal yang tak terlepas dengan bulan suci ini adalah munculnya titik-titik pasar Ramadhan di beberapa ruas jalan. Dalam penataan pasar yang hanya ada di bulan Ramadhan ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab camat dan aparatur di bawahnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pasar Kota Pekanbaru, Sadri, saat dikonfirmasi wartawan Senin kemarin. Dikatakannya, mengapa harus Camat, karena lebih mengetahui wilayahnya, dan Camat langsung berhubungan dengan para pedagang.

''Ke Dinas nanti, Camat kami minta laporan dan informasi mengenai titik-titik yang diperbolehkan. Kami himbau kepada seluruh kecamatan untuk dapat merealisasikannya,'' ujar Sadri.

Keberadaan pasar Ramadhan memang dibutuhkan oleh masyarakat Kota Pekanbaru untuk mencari tajmahal berbuka puasa. Namun keberadaan pasar Ramadhan tak jarang selalu menimbulkan masalah, seperti kemacetan lalu lintas dan terganggunya kebersihan kota. Maka camat diminta bisa menata dengan baik keberadaan pasar tersebut.

"Agar dapat tertata dengan baik, para pedagang pasar Ramadan ini, maka perlu adanya pengaturan titik keberadaan pasar nantinya. Sehingga titik yang tak terdaftar untuk dapat ditertibkan," ujar Sadri.

Ditegaskan Sadri, agar penempatan titik-titik pasar Ramadhan ini nantinya tidak dilokasi yang bisa mengganggu aktifitas warga. Penempatan yang mengganggu misalnya di perempatan jalan, karena bisa menimbulkan kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas.

"Maka saya sampaikan tadi, penempatan inilah yang paling penting untuk ditata," ujar Sadri lagi.

Pihak kecamatan juga nanti diarahkan untuk berkoordinasi dengan Upika Kecamatan untuk menentukan zonasi pasar-pasar ramadan. ''Memang untuk hal ini, pihak kecamatan perlu berkoordinasi denga pihak kepolisian, kelurahan, RT dan RW, dalam menciptakan situasi yang kondusif,'' terang Sadri.

Menurut Sadri, mumpung masih ada beberapa pekan lagi datangnya Ramadan, maka Camat diminta besiap-siap dan segera lakukan pemantapan mengenai dimana saja titik yang boleh untuk dijadikan pasar Ramadan, dan dimana saja yang tidak. ''Ya, kita berharap agar penataannya lebih baik dari tahun sebelumnya,'' tuturnya. (rrm)

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index