Blangko Kosong, Antrian Urus Akte Kelahiran 2.000 Pemohon

Blangko Kosong, Antrian Urus Akte Kelahiran 2.000 Pemohon
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Terkendala kosongnya blangko akte kelahiran hingga kini di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, ada sekitar 2.000 daftar tunggu yang antri untuk pengurusan akte kelahiran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Baharudin, menargetkan paling lambat bulan Juni nanti pelayanan pembuatan akte kelahiran sudah berjalan seperti biasanya.

Menurut Bahar, saat ini pengadaan blangko akte kelahiran dalam proses lelang di LPSE.

"Pengadaan blangko akte kelahiran dalam proses lelang di LPSE, kita targetkan bulan Juni pembuatan akte sudah jalan," ungkap Kedisdukcapil, Bahar, kemarin Selasa.

Dikatakannya, akibat blangko kosong jumlah daftar tunggu pembuatan akte kelahiran di Disdukcapil sudah dientry mencapai 2000an, jumlah ini membludak sejak keluarnya peraturan baru yang menyatakan pembuatan akte tidak perlu ke pengadilan lagi.

"Meskipun blangko belum ada, petugas kita tetap bekerja memasukkan nama-nama kedalam data entri, jadi ketika blangko sudah ada kita tinggal cetak saja lagi," paparnya.

Masalah ini juga sangat dikeluhkan masyarakat Pekanbaru. Pasalnya sangat menghambat mereka untuk memasukkan anak mereka ke sekolah, dan melanjutkan ke jenjang yang lebih lagi. Selain itu juga menghambat bagi anak-anak yang ingin mengikuti tes penerimaan di sebuah lembaga. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index