Lanud RSN Gelar Latihan Weapon Delivery di Siabu Kampar

Lanud RSN Gelar Latihan Weapon Delivery di Siabu Kampar
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, sejak Senin kemarin hingga Kamis besok, menggelar latihan weapon delivery dengan lokasi air weapon range (AWR) di Siabu, Kampar. Latihan ini dimaksud untuk meningkatkan kemampuan penerbang dalam melakukan pemboman lewat udara ke darat.

Danlanud RSN Kolonel Pnb M Khairil Lubis melalui Kapentak Mayor Sus Filfadri, kepada RiauAktal.com, Rabu (7/5/2014) menyebutkan, dalam latihan weapon delivery Lanud RSN melibatkan seluruh kekuatan personil yang ada.

Disebutkannya, dalam latihan ini juga merilis puluhan bom jenis MK82 dengan berat 500 pon atau sekira 250 kilogram, dan daya ledaknya sangat besar, bisa menghancurkan perkantoran, kekuatan bunyi pun dapat dirasakan hingga radius 3 kilometer.

"Melibatkan seluruh penerbang Skadron Udara 12, dengan pesawat Hawk 100/200. Dipimpin langsung oleh Dan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Reka "ice pack" Budiarsa," kata Filfadri di kantornya.

Sekitar 40 bom aktif yang diletakkan di Siabu, dan satu pesawat tempur jenis Hawk itu membawa dua bom sekali terbang. "Selain meledakkan bom jenis MK82, juga menggunakan bom latih asap (BLA)," jelasnya lagi.

Disebutkan Filfadri juga, bahwa latihan yang dilakukan merupakan latihan rutin, untuk 2014 weapon delivery ini yang pertama, dan setelah juga nantinya kembali akan digelar. "Tujuannya, meningkatkan kemampuan penerbnagan dalam hal pemboman, dan juga persiapan Latgab TNI di Jawa Timur Juli mendatang," tuturnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index