Sidak TPID Temukan Ketersediaan Sembako Aman

Sidak TPID Temukan Ketersediaan Sembako Aman
Pasokan Beras yg Masuk di Gudang

PEKANBARU (RA)- Inspeksi Mendadak (sidag) yang di gelar oleh tim gabungan TPID Kota Pekanbaru, yang terdiri dari walikota Pekanbaru,Firdaus MT,dan para stafnya, BI Pekanbaru, anggota Dewan Komisi C Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, Adang Ginanjar, Kamis (19/7) ke lima gudang sembako, menemukan stok Sembilan bahan pokok (sembako) di kota Pekanbaru aman dan cukup.

Bahkan pada saat kunjungan di gudang Hidup Jaya (HJ) sedang di lakukan pembongkaran beras. Demikian juga di  Gudang Unilever Jalan Riau. Gudang. Karya Niaga, produk Nestle gula. "Ini beras baru masuk jumlahnya 1.000 sak," ujar salah seorang karyawan HJ Desi.

Kata Desi, beras di gudang ini masuk sekali seminggu dari Palembang. Selain beras ada juga minyak goreng di jual di gudang ini.Perminggu jumlahnya mencapai 1 tangki isi 20 ribu liter.

Ketua Tim Teknis TPID Kota Pekanbaru, M.Abdul Majid, menyebutkan peninjauan ini upaya untuk mengecek, stok barang cukup. Bahkan cabai malah harga turun. Ini cerminan harga terjamin.

"Kita harapkan stok cukup, dan harga relatif stabil. Kalaupun ada di lapangan kenaikan harga. Itu aksi spekulasi. Untuk itu kita minta pedagang menaikkan harga sewajarnya," harapnya.

Aseng, pemilik Gudang yang di Jalan Meranti, Karya Harapan, menyatakan gula baru masuk 10 ton dan beras 20 ton. Selain itu itu ada juga kue kering asal Jawa.

Kadis perindag Kota Pekanbaru, El Sabrina, menyebutkan dari lima gudang yang di tinjau. Semuanya menjukkan ketersediaan beras, gula, minyak dan bahan pokok lainnya.

"Kita menjamin stok lebih dari cukup, dan indikasi untuk penumpukan tidak ada. Ini saja mereka bongkar beras sekali seminggu, lagi pula kalau beras itu tidak bisa di tahan lama kalau tidak di fungidasi," tandasnya.

Terkait harga beras ia juga menambahkan sejauh ini hanya ada kenaikan Rp500 rupiah perkilogram. Demikian juga dengan gula pasir kini justru turun dari Rp13.000 menjadi Rp12.500 perkilogramnya. Sementara minyak goreng curah harganya stabil di Rp10.500 perkilogramnya.

"Kini harga beras belida dan topi koki di tingkat eceran Rp9.500 perkilogram, harga ini naik Rp500 perkilogramnya, sementara pasokan beras kualitas bagus ini lancar dan aman, dari Pelembang," ujarnya

Terkait ketersediaan masing-masing gudang yang di kunjungi lanjud El, mengalami penambahan stok dari hari biasa sebesar 25-30 persen.

"Seperti barang di gudang unilever menjelang puasa ada peningkatan 30 persen dari biasa," Ujar Willi, pemilik usaha sembako ulasnya mengulang.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index