HIV/AIDS (Foto: Arcare)

Ini 9 Gejala HIV, Salah Satunya Berat Badan Turun Drastis!

Rabu, 02 Desember 2020 - 08:37:52 WIB Di Baca : 800 Kali


Riauaktual.com - Penderita HIV kerap tak tahu jika dirinya terinfeksi, sebelum gejala parah muncul. Pada beberapa kasus bahwa gejala baru muncul setelah bertahun-tahun tubuh terinfeksi.

Tidak munculnya gejala pada awal infeksi membuat sebagian penderita HIV terlambat mendeteksi virus mematikan tersebut. Alhasil, kondisi kesehatan yang parah membuat penderita HIV lebih susah untuk pulih.

Untuk meminimalisir kondisi itu, tentu mengenali gejala penyakit menjadi sangat penting. Nah, di artikel ini kita coba memaparkan 9 gejala yang kerap diabaikan orang-orang, dilansir dari Boldsky, berikut ulasannya..

 demam

1. Demam mendadak

Salah satu gejala yang bisa dikenali dari tubuh terinfeksi virus HIV adalah demam mendadak. Pada beberapa kasus, demam muncul disertai dengan batuk dan pilek. Demam ini mereda dalam beberapa hari dan mungkin tidak muncul gejala lainnya selama bertahun-tahun.

2. Kelelahan berlebih

Gejala lain dari HIV adalah tubuh merasa sangat lelah. Anda mungkin abai dengan gejala ini, terlebih jika Anda begitu aktif hingga menganggap kelelahan itu muncul karena pekerjaan. Hal yang bisa dikenali dari kelelahan berlebih ini adalah jika Anda merasa tidur cukup tapi tetap merasa lelah, maka kondisi tersebut tidak wajar.

3. Sakit tenggorokan

Infeksi yang berhubungan dengan flu seperti sakit tenggorokan akan muncul. Itu adalah tanda pertahanan tubuh Anda mulai menurun karena harus mengalahkan 'sesuatu' yang tidak beres, seperti virus HIV.

4. Sakit kepala

Gejala lain yang bisa muncul adalah sakit kepala. Ketika tubuh terinfeksi HIV, Anda akan mengalami sakit kepala konstan yang membuat Anda sangat lelah.

5. Mual dan diare

Saat virus HIV masuk ke tubuh, Anda akan merasa mual dan kehilangan nafsu makan. Tidak hanya itu, diare pun bisa terjadi karena bakteri baik di dalam tubuh perlahan mati.

6. Berat badan turun drastis

Ini adalah gejala yang kerap dikaitkan dengan HIV. Sebab, dalam stadium lanjut HIV, Anda akan kehilangan jumlah berat badan yang sangat banyak karena gejala-gejala lain yang membuat tubuh Anda kurang mendapat asupan makanan.

7. Kulit ekstra sensitif

Kulit Anda mungkin menjadi terlalu sensitif terhadap infeksi, tergores dan bahkan disentuh. Kadang-kadang, bahkan sedikit goresan bisa membuat kulit Anda merah atau membuat Anda berdarah.

8. Menstruasi tak teratur

Gejala ini jarang diketahui. Wanita yang mengalami masalah siklus menstruasi tak teratur disebabkan oleh jumlah darah yang rendah dan penurunan kesehatan secara umum.

9. Kebingungan dan sering lupa

Gejala lainnya yang perlu diperhatikan adalah bingung dan sering lupa. Virus HIV memengaruhi setiap bagian tubuh, tak terkeculi sel-sel otak. Kadang, ini dapat menyebabkan demensia, kebingungan, dan kehilangan ingatan pada tahap akhir dari infeksi.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com