Ilustrasi (net)

Makan Mangga Madu Ternyata Efektif Kurangi Kerutan di Wajah dalam Dua Bulan

Sabtu, 21 November 2020 - 16:15:00 WIB Di Baca : 693 Kali


Riauaktual.com - Apa hubungan mangga dengan keriput pada wajah? Penelitian terbaru menunjukkan kerutan di wajah orang lanjut usia berkurang 23 persen dalam dua bulan.

Ini ditemukan para peneliti di University of California, Davis. Mereka menemukan bahwa makan mangga Ataulfo atau juga dikenal dengan mangga madu efektif mengurangi kerutan wajah pada wanita lansia.

Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Nutrients. Wanita pascamenopause yang makan setengah cangkir mangga madu empat kali sepekan mengalami penurunan keriput sebesar 23 persen setelah dua bulan.

"Itu adalah peningkatan signifikan pada kerutan," kata penulis utama Vivien Fam, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Nutrisi UC Davis. Namun temuannya sangat spesifik dan disertai dengan peringatan.

"Wanita yang makan satu setengah cangkir mangga untuk periode waktu yang sama mengalami peningkatan kerutan. Ini menunjukkan bahwa meskipun mangga mungkin baik untuk kesehatan kulit, terlalu banyak mungkin tidak baik," kata Fam seperti dikutip dari Gulf News.

Para peneliti mengatakan tidak jelas mengapa mengonsumsi lebih banyak mangga akan meningkatkan keparahan kerutan. Mereka berspekulasi bahwa itu mungkin terkait dengan jumlah gula yang kuat dalam porsi mangga yang lebih besar.

Studi percontohan klinis acak melibatkan 28 wanita pascamenopause dengan jenis kulit Fitzpatrick II atau III. Wanita dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengonsumsi setengah cangkir mangga empat kali sepekan selama empat bulan.

Kelompok lainnya mengonsumsi satu setengah cangkir untuk jangka waktu yang sama. Kerutan wajah dievaluasi menggunakan sistem kamera resolusi tinggi

"Sistem yang kami gunakan untuk menganalisis kerutan memungkinkan kami untuk tidak hanya memvisualisasikan kerutan, tetapi juga mengukur dan mengukur kerutan," kata Robert Hackman, profesor di Departemen Nutrisi dan penulis terkait studi tersebut.

"Ini sangat akurat dan memungkinkan kami untuk menangkap lebih dari sekadar munculnya kerutan atau apa yang mungkin dilihat mata," tambah Hackman.

Studi tersebut mengamati tingkat keparahan, panjang, dan lebar kerutan halus, dalam, dan muncul. Fam mengatakan kelompok yang mengonsumsi setengah cangkir mangga mengalami peningkatan di semua kategori.

Fam mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari mekanisme di balik pengurangan keriput. Dia mengatakan itu mungkin karena efek menguntungkan dari karotenoid (pigmen tanaman oranye atau merah), dan fitonutrien lain yang dapat membantu membangun kolagen.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com