Saat Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Kru Kapsul SpaceX Merasa Seperti Bermimpi

Saat Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Kru Kapsul SpaceX Merasa Seperti Bermimpi
Kapsul SpaceX (Foto:Europanews)

Riauaktual.com - Kapsul SpaceX atau Kapsul Naga yang baru diluncurkan dengan empat astronot sudah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Senin (16/11/2020).

Kapsul Naga berhenti dan berlabuh pada Senin (16/11/2020) malam, setelah 27 jam penerbangan otomatis dari Pusat Antariksa Kennedy NASA. Sambungan terjadi 422 kilometer di atas Idaho.

Ada kesan luar biasa yang disampaikan komandan Kapsul Naga Mike Hopkins, saat pertama kali melakukan kontak radio dengan astronot stasiun luar angkasa Kate Rubins.

"Oh, suara yang bagus untuk didengar, Kami tidak sabar untuk menerima Anda," ujar komandan Naga Mike Hopkins setelah kedua pesawat ruang angkasa itu saling menempel, dilansir Europanews.

Saat mereka bersiap untuk hubungan stasiun luar angkasa, kru Naga menyorotkan pemandangan langsung dari jendela Selandia Baru dan Pasifik biru cerah bergaris awan 250 mil di bawah yang mereka sebut seperti mimpi.

"Tampak luar biasa," Mission Control melalui radio dari markas SpaceX di Hawthorne, California. "Dari atas sini juga tampak luar biasa," jawab Hopkins.

Ini adalah misi astronot kedua untuk SpaceX. Tapi, ini pertama kalinya perusahaan Elon Musk mengirimkan kru untuk tinggal di stasiun selama setengah tahun. Uji terbang dua pilot awal tahun ini berlangsung selama dua bulan.

Hopkins dan krunya - Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi dari Jepang - bergabung dengan dua orang Rusia dan satu orang Amerika yang terbang ke stasiun luar angkasa bulan lalu dari Kazakhstan.

Glover adalah orang Afrika-Amerika pertama yang pindah untuk jangka panjang. Seorang pendatang baru luar angkasa, Glover diberikan pin astronot emasnya pada hari Senin.

Keempatnya menamai kapsulnya Ketahanan untuk memberikan harapan dan inspirasi selama tahun yang sangat sulit bagi seluruh dunia. Mereka menyiarkan tur kapsul mereka pada hari Senin, memamerkan kontrol layar sentuh, area penyimpanan, dan indikator gravitasi nol: Baby Yoda kecil yang mewah.

Walker mengatakan, itu sedikit lebih ketat bagi mereka daripada bagi dua astronot dalam uji terbang. "Kami semacam menari di sekitar satu sama lain agar tidak saling menghalangi," katanya.

Untuk peluncuran pada Minggu (15/11/2020), NASA membatasi tamu karena virus korona, dan bahkan Musk harus menjauh setelah tweet bahwa dia "kemungkinan besar" terkena infeksi.

Dia digantikan dalam tugas peluncuran resminya oleh Presiden SpaceX Gwynne Shotwell, yang meyakinkan wartawan bahwa dia masih sangat terlibat dengan aksi Minggu (15/11/2020) malam, meskipun dari jarak jauh.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index