Peneliti Temukan Kerangka Prajurit Berusia 500 Tahun Terkubur di Dasar Danau

Peneliti Temukan Kerangka Prajurit Berusia 500 Tahun Terkubur di Dasar Danau
Penemuan kerangka prajurit berusia 500 tahun di dasar danau Lithuania. (Foto: A Matiukas/Science Alert)

Riauaktual.com - Peneliti menemukan kerangka prajurit dari abad pertengahan terkubur di dasar sebuah danau di Lituania. Diduga kerangka tersebut sudah tertimbun di sana selama lebih dari 500 tahun. Kerangka itu ditemukan selama inspeksi bawah air di Jembatan Tua Dubingiai di Danau Asveja, timur Lithuania.

Baltic News Service (BNS) melaporkan, arkeolog Elena Pranckenaite dari Universitas Klaipeda, Lithuania, mengatakan meskipun kerangka itu terletak di bawah lapisan pasir dan lumpur, tempat ini bukan permakaman. Demikian dikutip dari Science Alert, Jumat (20/11/2020).

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Vilnius, Lithuania, memeriksa kerangka tersebut dan melaporkan berjenis kelamin laki-laki, meninggal pada abad ke-16.

Senjata serta barang-barang lain yang ditemukan dari dasar danau di dekat kerangka mengisyaratkan status militer orang yang meninggal itu.

Penemuan kerangka prajurit di dasar danau. (Foto: G Krakauskas/Science Alert)

Pemakaman manusia yang terkait dengan peperangan sebelumnya telah digali di seluruh wilayah, tetapi ini adalah pertama kalinya seorang tentara abad pertengahan ditemukan di bawah air di Lituania.

Menemukan sisa-sisa prajurit itu merupakan kejutan besar, tetapi yang sama mencengangkannya adalah pengawetan kerangka dan artefak yang luar biasa.

Para penyelam menemukan sepasang sepatu bot kulit dengan taji; sabuk kulit dengan gesper; pedang besi. "Dan dua pisau dengan gagang kayu," tulis Pranckenaite dalam email-nya.

Sebuah tim arkeolog, antropolog, dan sejarawan di National Museum of Lithuania sekarang bekerja untuk melestarikan dan menafsirkan benda-benda bekas penemuan tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index