Pj Kades Taraibangun Minta Aparatur Desa Kuasai Wilayah Kerja dan 5 Pilar Pembangunan Kampar

Pj Kades Taraibangun Minta Aparatur Desa Kuasai Wilayah Kerja dan 5 Pilar Pembangunan Kampar
Camat Tambang bersama Bupati kunjungi Desa Taraibangun baru-baru ini. FOTO: rrm

TAMBANG, RiauAktual.com - Camat Tambang Kabupaten Kampar Rakhmat S Sos, didampingi Sekretaris Desa Taraibangun Eka Putra, di sela-sela melakukan gotong royong di halaman Kantor Kepala Desa Taraibangun, Jumat (07/02/2014) pagi kepada wartawan menyatakan bahwa aparatur desa, RT, RW dan Dusun serta Kepala Desa harus mengenal dan menguasai wilayah kerjanya.

Rakhmat, yang juga Penjabat Kepala Desa Tarai Bangun ini, dengan mengenal dan menguasai wilayah kerjanya diharapkan aparat desa dapat membuat program pembangunan terhadap wilayah kerjanya dan juga dapat menyelesaikan berbagai persoalan, sehingga akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya.

“Selama ini banyak aparat desa yang tidak tahu dengan tugas pokok dan fungsinya, sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan. Oleh sebab itu dengan mengenal dan menguasai wilayah kerjanya, aparat desa diharapkan dapat menyusun program pembangunan di daerahnya yang nantinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya," ungkap Rakhmat.

Selain itu, Camat Tambang juga menghimbau seluruh masyarakat dan aparat desa, untuk dapat meningkat semangat gotong royong yang telah mulai pudar di kalangan masyarakat dan mengaktifkan kembali sistim keamanan lingkungan (Siskamling).  

Dengan memupuk semangat kegotongroyongan dan peangaktifan kembali siskamling di tengah masyarakat ini akan tercipta rasa keamanan bersama dan juga  kepedulian antara sesama warga dan aparat pemerintahan desa, disamping itu juga akan mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Desa ini (Tarai Bangun) mempunyai letak yang sangat strategis dan berbatasan langsung dengan kota Pekanbaru. Sebagai daerah penyangga, daerah ini merupakan 'beranda' kabupaten Kampar. Untuk itu sebagai beranda desa ini harus bersih dan aman, dengan meningkatkan gotong royong dan menghidupkan kembali siskamling di tengah masyarakatnya,” kata Rakhmat yang baru menjabat beberapa hari ini sebagai Kades Tarai Bangun.

Rakhmat juga menghimbau kepada aparatur desa untuk dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan lembaga yang ada di desa dengan saling berkoordinasi, sehingga akan tercipta situasi yang kondusif di tengah masyarakat. Hubungan itu menurut Camat bukan hanya pada lembaga desa saja, tetapi juga seluruh elemen masyarakat dan masyarakat itu sendiri, sehingga akan tercipta ketentraman dan kenyamanan pada masyarakat yang dipimpin.

"Kepada aparatur desa untuk dapat mengetahui dan memahami 5 pilar pembangunan Kabupaten Kampar yang diprogramkan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer. Dengan mengetahui dan memahami 5 pilar pembangunan itu, maka aparatur desa sudah mempunyai arah dalam melaksanakan program pembangunan di wilayahnya,' imbuh Rakhmat. (rin)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index