Robot swab test buatan Korea Selatan (photo/Korea Institute of Machinery and Materials)

Korea Selatan Bikin Robot yang Dapat Lakukan Swab Test Covid-19

Selasa, 30 Juni 2020 - 08:35:29 WIB Di Baca : 265 Kali


Riauaktual.com - Saat ini proses swab test virus corona (COVID-19) masih dilakukan oleh tenaga medis. Hal tersebut pun bisa dibilang merupakan tindakan berisiko sehingga banyak orang mencari cara baru untuk melakukan swab test dengan lebih aman.

Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan bersama dengan Korea Institute of Machinery and Materials (KIMM) diketahui telah merancang robot yang dapat melakukan swab test secara otomatis tanpa memerlukan bantuan tenaga medis lagi.

Robot yang mirip seperti alat pemeriksa kesehatan mata tersebut hanya memerlukan pasien agar duduk dan meletakkan kepala mereka di tempat yang telah disediakan. Kemudian tangkai swab test digerakkan oleh robot dan dibuang setelah proses telah selesai.

Dikutip dari indozone.id, Dr Seo Joon-Ho dari Medical Device Lab, Daegu Convergence Technology Research Center juga mengatakan bahwa teknologi ini memungkinkan tenaga medis untuk mengambil sampe penyakit tanpa harus takut tertular penyakit tersebut.

"Robot ini diharapkan dapat berguna untuk mendiagnosa penyakit menular di masa depan," ucap Joon-Ho dari laporan Korea Biomedical Review.

Nantinya robot tersebut juga dapat dikendalikan dengan menggunakan joystick dari jarak jauh. Fitur joystick tersebut juga memiliki respons yang sangat tinggi sehingga membuat operator robot ini dapat lebih teliti saat melakukan proses swab test ini.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com