Perekonomian Masyarakat Riau Menurun, Sandiaga Uno: UMKM Harus Diperhatikan!

Perekonomian Masyarakat Riau Menurun, Sandiaga Uno: UMKM Harus Diperhatikan!
Sandiaga Uno

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak lagi memperpanjang masa PSBB dan akan menerapkan New Normal di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Sementara, sejak masa pandemi dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), perekonomian masyarakat Riau mengalami penurunan. Oleh karenanya, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno dalam halal bi halal virtual yang ditaja anggota DPRD Riau, Muhammad Aulia, menyatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus diperhatikan.

"UMKM merupakan tulang punggung ekonomi, 97 persen lapangan kerja dari UMKM dan ini yang harus diselamatkan," ucapnya 

Kegiatah halal bihalal Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Riau mengangkat tema "Membangun Ekonomi Riau Pasca Pandemi". Sandi menegaskan, semua pihak khususnya di Riau harus fokus dalam upaya meningkatkan kembali perekonomian di sektor UMKM. Menurutnya, dalam membangun ekonomi Riau pasca pendemi, pemerintah harus memperhatikan UMKM.

"Terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, seperti pengusaha makanan minuman, pariwisata, perdagangan dan kebutuhan pokok," cakapnya

Lebih lanjut,  Sandiaga Uno mengatakan, untuk meningkatkan perekonomian sektor UMKM ini, tidak selalu berharap dari pemerintah. Ia menegaskan di sini fungsi Relawan Indonesia Bersatu, dengan mengambil inisiatif dengan berkolaborasi melalui terobosan dan berharap bisa menanganani Covid-19 ini serta membantu meningkatkan ekonomi UMKM.

"Tapi kita harus janji, pemerintah dan dunia usaha harus bersanding saling bersinergi dalam masa new normal, kita harus fight jangan menyerah, terus lawan Covid-19," tegas Sandiaga Uno, tokoh muda kelahiran Kota Pekanbaru, Riau ini.

Sementara itu, Koordinator Daerah Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Riau sebagai penyelenggara acara, Fikri El-Aziz menjelaskan kegiatan tersebut diinisiasi oleh Relawan untuk membangun sinergitas tiap elemen dan komponen masyarakat. "Supaya terjalin sinergitas positif di Provinsi Riau menyambut New Normal Era," kata dia.

Sementara, Anggota DPRD Riau, Muhammad Aulia yang bertindak sebagai moderator di sesi akhir mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang sudah hadir dalam Sinergitas Riau Menyambut New Normal Era.

Dia berharap relaksasi PSBB dapat dilaksanakan dengan baik oleh Gubernur Riau beserta jajaran disiplin dengan protokol New Normal. "Sehingga relaksasi ini tidak menimbulkan gelombang kedua Pandemi Covid-19," tuturnya. *

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index