Syamsuar : TNI Polri Siap Kawal New Normal

Syamsuar : TNI Polri Siap Kawal New Normal

Riauaktual.com - Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan, TNI Polri di Riau siap mengawal pelaksanaan New Normal. Bahkan, pembahasan mengenai rencana new normal di Riau sudah dibahas dengan berbagai perwakilan dan kelompok masyarakat.

"Kita sudah mengundang semuanya, untuk dibahas. Pada tanggal 1 Juni, TNI-Polri akan melakukan pengawalan untuk melakukan edukasi dan sejauh mana tingkat kedisiplinan masyarakat di daerah,” kata Syamsuar, Kamis (28/5).

Syamsuar menyebutkan, dalam pembahasan new normal di Riau, pihaknya mengundang semua gugus tugas, komunitas kesehatan, BUMN, BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, TNI-Polri, Forkompida, serta perwakilan rakyat.

New normal di Riau akan dilaksanakan pada 6 daerah yang sebelumnya telah melakukan PSBB dan 3 daerah lainnya yang dijadikan sebagai pilot project untuk penerapan normal baru COVID-19. 

Dia memastikan terhadap 6 daerah yang sebelumnya telah melakukan PSBB akan dievaluasi terlebih dahulu, apakah akan dilanjutkan atau tidak.

"New normal bukan berarti pelonggaran, justru pengetatan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas masyarakat," sebut Syamsuar.

Menurut Politisi Golkar ini, New Normal tersebut dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif. Masyarakat akan menghadapi situasi baru dan tidak ada pelonggaran terhadap protokol kesehatan.

Pemerintah telah mendengar langsung dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kata Syamsuar, belum ada vaksin yang mampu mengatasi coronavirus. 

"Tidak ada yang bisa memastikan kapan kodisi ini akan berakhir. Sementara di sisi lain, masyarakat tidak mungkin hanya berdiam diri di rumah. New normal diharapkan akan membuat masyarakat mampu untuk beradaptasi. Di Riau, kasus COVID-19 ada penurunan. Itu salah satu indikator yang ditetapkan oleh pusat untuk new normal,” pungkasnya. (San)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index