Lebih Berbahaya Dari Pada HIV/AIDS, Penularan Hany

Penyakit Mematikan Jenis Baru Ditemukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Penyakit Mematikan Jenis Baru Ditemukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Masyarakat Kota Pekanbaru dan Riau secara keseluruhan dihebohkan dengan penemuan penyakit jenis baru yang lebih berbahaya dari virus HIV/AIDS di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau.

Penyakit tersebut dinamai Tuberculosis Multi Drug Resistant (TB-MDR) dan di RSUD Arifin Achmad ini, sudah dua pasien yang terkena penyakit berbahaya tersebut.

Kabid Humas RSUD Arifin Achmad Masriah, membenarkan adanya penyakit jenis virus yang lebih mematikan dari pada HIV/AIDS.

"Benar sekali, penyakit ini sangat berbahaya. Penyebarannya sangat mudah, penderita bisa menularkan virus hanya dengan cara berkomunikasi dengan orang sekitarnya, maka teman bicaranya bisa terjangkit langsung oleh penyakit yang mematikan ini," ungkap Masriah, Kamis (16/1/2014).

Diterangkan Masriah lagi, penyakit TB-MDR ini bukan virus biasa. Menurut keterangan ahli kesehatan yang diperoleh Masriah di RS, bahwa virus jenis ini tergolong lebih sulit penanganannya dengan biaya yang mahal sehingga pasiennya membutuhkan pertolongan biaya oleh pemerintah.

"Dua pasien yang kini dirawat merupakan rujukan dari Puskesmas Kecamatan Lima Puluh dan Puskemas Harapan Raya Kota Pekanbaru. Satu orang wanita dan seorang lagi laki-laki dengan usia masih muda, 20 tahun keatas," terangnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index